PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

DESKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA, MA dan SMK KOTA PADANG

Dra. Syakbaniah1), M.Si, Prof. Dr. Festiyed, MS1) dan
 Prof. Dr. Aljufri B.Syarif, M.Sc2)
1) Dosen Fisika FMIPA UNP Padang, 2) Dosen Teknik Mesin FT UNP

Abstrak
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), telah diberlakukan sejak tahun 2007 dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tapi kenyataan masih dirasakan banyak kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan KTSP tersebut. Penelitian ini merupakan tahap pendahuluan penelitian tentang potensi pendidikan kabupaten/kota pada SMA, MA dan SMK kota Padang yang bertujuan untuk mempelajari dan menghimpun data secara comprehensif, baru dan aktual dengan menggunakan metoda mix (kualitatif dan kuantitatif secara serentak). Untuk data kualitatif diperoleh melalui (1) interview  ke Kepala Sekolah/Wakil Kepla Sekolah bidang kurikulum, guru,(2) observasi memperhatikan lingkungan sekolah, dokumen KTSP sekolah dan merekam kondisi lokal, labor dan pustaka (intensitas cahaya dan bunyi). Data kuantitatif instrumen yang digunakan pilihan berganda, multiple respon, skala Likert dan semantik diferensial. Dari hasil penelitian tentang kurikulum sebagai ide:  perumusan visi dan misi belum menampung aspirasi semua warga sekolah, dan belum melibatkan mereka, akibatnya sulit akan diperoleh dukungan yang kuat dari warga sekolah dalam implementasinya. Kurikulum sebagai proses dan kurikulum yang diimplementasikan telah terlaksana tetapi belum terkait dengan kurikulum sebagai ide. Jadi, walaupun telah diterapkan otonomi daerah kenyataannya banyak sekolah-sekolah masih memandang kebijaksanaan pusat yang harus mereka ikuti. Sehingga kreativitas, inovasi guru dan kepala sekolah ragu dan enggan mencari cara-cara baru dalam mengimplementasikan  kurikulum  yang cocok dengan kondisi daerah dan karakteristik siswa. Disarankan petunjuk sosialisasi dari Jakarta beragam sesuai dengan berbagai kondisi sehingga ada peluang sekolah untuk menyesuaikan. 

Along with the implementation of regional autonomy also imposed Education Unit Level Curriculum (SBC), in an effort to improve the quality of education. But the fact still many perceived obstacles encountered in implementing the curriculum. This study is an early stage of research on the educational potential of district / city in the SMA, MA and dams bardrnSMK city of Padang which aims to study and collect data in a method of comprehensive, fair and actual mixed-use (qualitative and quantitative data simultaneously). For qualitative data obtained through (1) an interview to the Head / Deputy School Kepla curriculum areas, teachers, (2) observation of the school environment, school curriculum documents and record local conditions, laboratory and library (the intensity of light and sound). Quantitative data on the instrument used multiple choice, multiple answer, Likert scale and semantic differential. From the results of research on curriculum as an idea: formulation
Key word : Idea, process and implementation KTSP


Kata kunci: Ide, proses, dan  implementasi KTSP



Sumber:
 

0 Response to "DESKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA, MA dan SMK KOTA PADANG"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr