Dra. Syakbaniah1),
M.Si, Prof. Dr. Festiyed, MS1) dan
Prof. Dr. Aljufri B.Syarif, M.Sc2)
1) Dosen Fisika FMIPA UNP Padang, 2) Dosen Teknik Mesin FT UNP
Abstrak
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),
telah diberlakukan sejak tahun 2007 dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Tapi kenyataan masih dirasakan banyak kendala yang dihadapi dalam
mengimplementasikan KTSP tersebut. Penelitian ini merupakan tahap pendahuluan
penelitian tentang potensi pendidikan kabupaten/kota pada SMA, MA dan SMK kota
Padang yang bertujuan untuk mempelajari dan menghimpun data secara comprehensif, baru dan aktual dengan menggunakan metoda
mix (kualitatif dan kuantitatif secara serentak). Untuk data kualitatif
diperoleh melalui (1) interview ke
Kepala Sekolah/Wakil Kepla Sekolah bidang kurikulum, guru,(2) observasi
memperhatikan lingkungan sekolah, dokumen KTSP sekolah dan merekam kondisi
lokal, labor dan pustaka (intensitas cahaya dan bunyi). Data kuantitatif
instrumen yang digunakan pilihan berganda, multiple respon, skala Likert dan
semantik diferensial. Dari hasil penelitian tentang kurikulum sebagai ide: perumusan visi dan misi belum menampung
aspirasi semua warga sekolah, dan belum melibatkan mereka, akibatnya sulit akan
diperoleh dukungan yang kuat dari warga sekolah dalam implementasinya.
Kurikulum sebagai proses dan kurikulum yang diimplementasikan telah terlaksana
tetapi belum terkait dengan kurikulum sebagai ide. Jadi, walaupun telah
diterapkan otonomi daerah kenyataannya banyak sekolah-sekolah masih memandang
kebijaksanaan pusat yang harus mereka ikuti. Sehingga kreativitas, inovasi guru
dan kepala sekolah ragu dan enggan mencari cara-cara baru dalam
mengimplementasikan kurikulum yang cocok dengan kondisi daerah dan
karakteristik siswa. Disarankan petunjuk sosialisasi dari Jakarta
beragam sesuai dengan berbagai kondisi sehingga ada peluang sekolah untuk
menyesuaikan.
Along with the implementation of regional autonomy
also imposed Education Unit Level Curriculum (SBC), in an effort to improve the
quality of education. But the fact still many perceived obstacles encountered
in implementing the curriculum. This study is an early stage of research on the
educational potential of district / city in the SMA, MA and dams bardrnSMK city
of Padang which aims to study and collect data in a method of comprehensive,
fair and actual mixed-use (qualitative and quantitative data simultaneously).
For qualitative data obtained through (1) an interview to the Head / Deputy
School Kepla curriculum areas, teachers, (2) observation of the school
environment, school curriculum documents and record local conditions,
laboratory and library (the intensity of light and sound). Quantitative data on
the instrument used multiple choice, multiple answer, Likert scale and semantic
differential. From the results of research on curriculum as an idea:
formulation
Key word : Idea, process and implementation KTSP
Kata kunci:
Ide, proses, dan implementasi KTSP
Sumber:
0 Response to "DESKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA, MA dan SMK KOTA PADANG"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr