Yuniarti Cicilia, Sri
Sudaryati, Tri Murdiyanto
Jurusan Matematika FMIPA UNJ
ABSTRAK
Pecahan merupakan salah satu materi
pelajaran yang masih dianggap sulit oleh siswa hal ini juga diyakinkan oleh
guru dalam kegiatan
pembelajaran matematika di sekolah. Nilai
rata-rata siswa di kelas VA pada pokok bahasan perkalian
bilangan bulat positif dengan pecahan biasa berada di bawah KKM (Ketuntasan
Kriteria Minimal). Salah satu kemungkinan penyebab timbulnya kesulitan ini adalah siswa mengalami ketidakpahaman konsep sehingga
dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian bilangan bulat positif dengan
pecahan biasa menjadi sesuatu tanpa logika. PMRI
dapat menjadikan kegiatan pembelajaran bermakna dan berperan untuk mengkonstruksi pemahaman matematika siswa. Model garis bilangan yang digunakan
dapat berperan untuk memulai lintasan belajar siswa dalam
menyelesaikan operasi hitung perkalian pecahan kelas VA
SDN 04 Klender Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemahaman siswa kelas VA mengenai konsep dasar perkalian bilangan bulat positif
dengan pecahan biasa menggunakan model garis bilangan.
Penelitian ini terdiri dari lima kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 April sampai dengan 3 Mei 2011. Kegiatan penelitian dengan menggunakan metode
penelitian design research terdiri
dari tiga fase yaitu fase pertama
persiapan dan desain, fase kedua eksperimen mengajar, dan fase ketiga analisa
retrospektif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
hipotesis lintasan belajar dengan menggunakan konteks pengukuran pada lintasan
sirkuit. Konteks yang digunakan pada kegiatan awal adalah lintasan sirkuit yang
merepresentasikan pada model garis bilangan dimana berkaitan dengan aktivitas
pengukuran, mencari hubungan antar pecahan, menyederhanakan pecahan, dan
memahami operasi hitung perkalian bilangan bulat dengan pecahan biasa.
Validitas ekologi dan internal serta realibilitas internal dan eksternal
digunakan untuk membuktikan hasil penelitian yang benar dan terpercaya.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan
pembelajaran di kelas menjadi efektif
serta mengisi ketidakpahaman konsep pada siswa yang terjadi sebelumnya. Model garis bilangan berhasil
meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep dasar operasi hitung perkalian
bilangan bulat positif dengan pecahan. Pemahaman siswa mengalami peningkatan dengan ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan.
Sumber:
0 Response to "DESIGN RESEARCH OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT POSITIF DENGAN PECAHAN BIASA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V DI SDN 04 KLENDER JAKARTA TIMUR"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr