PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

DESIGN RESEARCH OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT POSITIF DENGAN PECAHAN BIASA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V DI SDN 04 KLENDER JAKARTA TIMUR

Yuniarti Cicilia, Sri Sudaryati, Tri Murdiyanto
Jurusan Matematika FMIPA UNJ

ABSTRAK

          Pecahan merupakan salah satu materi pelajaran yang masih dianggap sulit oleh siswa hal ini juga diyakinkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Nilai rata-rata siswa di kelas VA pada pokok bahasan perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan biasa berada di bawah KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal). Salah satu kemungkinan penyebab timbulnya kesulitan ini adalah siswa mengalami ketidakpahaman konsep sehingga dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan biasa menjadi sesuatu tanpa logika. PMRI dapat menjadikan kegiatan pembelajaran bermakna dan berperan untuk mengkonstruksi pemahaman matematika siswa. Model garis bilangan yang digunakan dapat berperan untuk memulai lintasan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian pecahan kelas VA SDN 04 Klender Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa kelas VA mengenai konsep dasar perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan biasa menggunakan model garis bilangan.
Penelitian ini terdiri dari lima kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 April sampai dengan 3 Mei 2011. Kegiatan penelitian dengan menggunakan metode penelitian design research terdiri dari tiga  fase yaitu fase pertama persiapan dan desain, fase kedua eksperimen mengajar, dan fase ketiga analisa retrospektif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah hipotesis lintasan belajar dengan menggunakan konteks pengukuran pada lintasan sirkuit. Konteks yang digunakan pada kegiatan awal adalah lintasan sirkuit yang merepresentasikan pada model garis bilangan dimana berkaitan dengan aktivitas pengukuran, mencari hubungan antar pecahan, menyederhanakan pecahan, dan memahami operasi hitung perkalian bilangan bulat dengan pecahan biasa. Validitas ekologi dan internal serta realibilitas internal dan eksternal digunakan untuk membuktikan hasil penelitian yang benar dan terpercaya.

          Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran di kelas menjadi efektif serta mengisi ketidakpahaman konsep pada siswa yang terjadi sebelumnya. Model garis bilangan berhasil meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep dasar operasi hitung perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan. Pemahaman siswa mengalami peningkatan dengan ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan.

Sumber:
 

0 Response to "DESIGN RESEARCH OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT POSITIF DENGAN PECAHAN BIASA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V DI SDN 04 KLENDER JAKARTA TIMUR"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr