Loading...

Ketika Murid Lebih Tua dari Guru

   
JAKARTA – Umumnya seorang murid tidak lebih tua dari gurunya. Namun, situasi berbeda dialami Dimas Setyo Kukuh Permono. Salah satu murid Dimas di SMKN Bajawa Utara, daerah Genamere, Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) justru berumur lebih tua darinya.

Guru SM3T dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengajar Albina Wongga. Wanita yang lahir pada 1986 itu tercatat sebagai siswi paling tua di sekolah tersebut.


Dimas pun tertarik mengenal Albina lebih dalam. Pasalnya, usia Albina tidak umum pada kelompok siswa yang diajarnya. Menurut cerita Albina, dia menghabiskan hampir sebagian hidupnya untuk bekerja hingga ke luar negeri untuk membantu perekonomian keluarga. Di usia ke-25 tahun, Albina pun mendaftar sebagai pelajar SMK. Mengetahui hal ini, Dimas merasa haru.

"Semangat belajar dan ingin tahu tidak membatasi seseorang untuk sekolah, itu pelajaran yang saya dapatkan dari Albina,"

kata Dimas, seperti dikutip dari laman UNY, Rabu (28/1/2015).

Sarjana Pendidikan Kewarganegaraan dari FISIP UNY itu bercerita, ketika pertama datang, para siswa menyambutnya dengan riang. Namun, Dimas merasakan ada sedikit takut di wajah anak didiknya tersebut.

"Mungkin karena melihat badan saya yang besar dan botak macam tentara dari Jawa," imbuhnya.

Selama setahun mengabdi, Dimas pun membuat berbagai terobosan dalam pendidikan di sekolahnya. Salah satunya dengan membudidayakan ayam pedaging sebagai media praktik pembelajaran. Ayam pedaging merupakan ternak khas dari SMKN Bajawa Utara.

Meski awalnya tidak mendapat banyak dukungan, Dimas tidak patah arang. Hasilnya, masyarakat dan guru tidak lagi ragu setelah melihat kesuksesan program tersebut. Program ini sukses membantu siswa dalam memahami materi pelajaran kejurusan mereka sekaligus menambah uang yang bisa berguna bagi komite sekolah.

"Program yang kami rancang ini sekarang menjadi program unggulan sekolah yang dilaksanakan secara berkala," ujar Dimas.

Sumber: OKEZONE
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Ketika Murid Lebih Tua dari Guru"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr