Loading...

Tanda-Tanda Hardisk Laptop Rusak dan Penyebabnya

Cek Hard Disk notebook Toshiba
Siapa yang tidak kesal kalau laptop kesayangannya rusak, apalagi permasalahannya terdapat pada Hard Disk yang merupakan pusat penyimpanan seluruh data. Wah! ini adalah masalah paling gawat.

Menurut saya perangkat yang paling penting di laptop itu adalah Hard Disknya. 

Kerusakan pada hard disk tidak bisa diganti dengan apapun, bukan hard disknya, tapi datanya? kalau Hard Disk rusak memang bisa di ganti dengan Hard Disk baru, tapi kalau datanya yang hilang mau dibeli dimana??

Dimana? dimana? dimana?????

Ini hanya saran dari saya, agar permasalahan yang sama tidak terjadi pada anda. Sebaiknya anda menyimpan data penting anda pada Hard Disk Eksternal atau penyimpanan via online di hosting gratis seperti google drive. Ini sangat perlu dilakukan apabila laptop/netbook anda sudah memiliki gejala-gejala yang aneh. Bisa saja gejala aneh tersebut adalah tanda-tanda kerusakan Hard Disk yang nanti akan saya jelaskan gan.

Secara normal umur sebuah Hard Disk laptop bisa bertahan 5 sampai 10 tahun. ingat itu dalam pemakaian normal. Bisa juga umurnya cuma 1 - 5 menit jika Hard disknya agan banting. 
Just Kidding gan!.

Berikut ini adalah tanda-tanda sebuah Hard Disk telah mengalami rusak sebahagaian ataupun rusak total;

1. Komputer Anda menjadi sangat lambat, baik dalam botting maupun loading untuk membaca system operasi. alias lodingnya lama sekali gan. Sering error dan akhirnya blue Screen.

2. Data agan sering menjadi Corrupt, file yang kita simpan tidak mau di buka/open.

3. Hard Disk Bad Sector, ini merupakan ciri kalau hard disk anda sudah rusak. Bad Sector dapat di cek dengan menggunakan aplikasi pendeteksi bad Sector hardisk. Semakin banyak bad Sectornya semakin parah kerusakan hard disk anda.

4. Ketika laptop anda dihidupkan sering muncul suara yang aneh. Walau tidak terlalu keras, sebenarnya hardisk yang rusak akan mengeluarkan bunyi-bunyi suara seperti tik... atau kresek-kresek karena tidak normalnya putaran piringan hard disk. 

5. Operating Syatem Not Found, berarti Sistem komputer Anda tidak ditemukan oleh Komputer. Kerena tidak terbacanya Hard Disknya. Wdah rusak ah ini adalah masalah yang paling berat. Berarti harddisk Anda sudah rusak total dan tidak bisa terbaca lagi.

Secara umum penyebab dari kerusakan hard disk adalah:

1. Over Head, dimana dalam kondisi ini terjadi masalah listrik ataupun suhu prosesor yang terlalu tinggi/panas sehingga laptop anda mati secara mendadak.

2. Sering terjadi benturan keras, ingat gan, Harddisk merupakan perangkat yang rentan terhadap benturan. Apalagi bentuaran keras yang dapat merusak hard ddisk ini secara langsung.

3. Penggunaan harddisk yang berlebihan dari segi kapasitas dan kualitas. Jangan mengisi hard disk terlalu penuh ataupun menggunakan komputer untuk bermain game online yang membutuhkan kapasitas memori yang tinggi. 

4. Jangan terlalu sering melakukan instalasi laptop secara berlebihan. Jika laptop anda sebenarnya tidak perlu di inistal maka jangan main instal sebarangan. Instalasi secara berlebihan juga berdampak bagi Hard disk.

5. Faktor usia hard disk. Ya!. Kalau hard disknya sudah uzur agan-agan juga harus berhati-hati. yang namanya barang sudah uzur memang rentan kena penyakit seperti layaknya manusia. 


Inilah dokumentasi kerusakan har disk yang saya alami:

Hard Disk Laptop yang rusak

Hard Disk

Booting Lama


System Operasi Tidak ditemukan



Semoga bermanfaat gan!




   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Tanda-Tanda Hardisk Laptop Rusak dan Penyebabnya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-