Heffi Alberida**)
Ardi**) dan Prima Mutia Sari***)
ABSTRAK
Pendidikan karakter
merupakan usaha untuk membangun karakter siswa yang sebaiknya terintegrasi ke
dalam setiap rencana dan pelaksanaan pembelajaran. RPP berkarakter merupakan
rencana yang menggambarkan prosedur pembelajaran yang memuat karakter apa yang
dapat ditanamkan melalui model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini
bertujuan mengembangkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis
masalah pada materi sistem peredaran darah di SMA, melihat validitas dan
keterlaksanaan RPP yang dihasilkan serta respons siswa terhadap model pembelajaran
yang digunakan.
Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang
terdiri dari tahap pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop) sedangkan penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Subjek uji
coba RPP adalah siswa SMAN 3 Padang kelas XI IPA7. Data penelitian
ini adalah data primer yang terdiri dari validasi RPP, keterlaksanaan RPP, dan
respons siswa. Data validasi dan keterlaksanaan RPP dianalisis dengan analisis
deskriptif dengan range 1-4, data respons siswa dianalisis dengan hasil berupa
persentase.
Dari
penelitian ini dihasilkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis
masalah pada materi sistem peredaran darah. Validitas RPP yang dihasilkan
berkategori baik dengan rata-rata 3,25. Keterlaksanaan berkategori sangat baik
dengan rata-rata nilai 3,55. Respons siswa terhadap RPP yaitu 69,44% yang
berarti siswa merasa senang terhadap model pembelajaran yang digunakan. 61,11%
siswa sangat setuju jika guru menegur siswa yang tidak bertanggung jawab dan
bekerja sama dan 72,22% siswa dapat mengikuti dengan mudah kegiatan
pembelajaran. 75% siswa berminat mengikuti pembelajaran pada pembelajaran
berikutnya atau pokok bahasan lain.
Kata
kunci : Pendidikan karakter, RPP, Pembelajaran
berbasis masalah
*) Makalah disampaikan dalam acara SEMINAR NASIONAL
dan MUBES ILUNI BIO III Universitas Negeri Padang, di Padang Panjang 26-27 Februari 2011
**) Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA UNP
***) Alumni Jurusan Biologi FMIPA UNP
0 Response to "PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERKARAKTER UNTUK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA*)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr