Oleh: Sri Irawati
ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah
menemukan alternatif model pembelajaran konsep dasar IPA di PGSD Universitas Bengkulu yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa serta mampu mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah melalui
pembelajaran menerapkan model siklus
belajar berdasarkan konstruktivisme. Permasalahan yang diungkap adalah konsepsi awal siswa, perubahan konsepsi setelah
pembelajaran, efek iringan yang muncul selama pembelajaran, aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, serta tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran yang ditetapkan. Data dikumpulkan melalui lembar
tes, lembar observasi mahasiswa, dan wawancara. Data dianalisa melalui tahapan
kategorisasi data, validasi data, interpretasi dan tindakan. Hasil penelitian
menunjukkan pada umumnya sebelum mengikuti pembelajaran mahasiswa sudah memiliki
konsepsi awal namun ada yang belum ilmiah; setelah pembelajaran terjadi
perubahan konsepsi; selama pembelajaran dengan menerapkan model siklus belajar muncul beberapa efek iringan yaitu
berkembangnya ketrampilan sains dan sikap ilmiah mahasiswa serta meningkatnya kemampuan mengajar dosen. Pembelajaran
menerapkan pendekatan ini juga meningkatkan
aktivitas mahasiswa dalam
pembelajaran. Mahasiswa dan dosen menunjukkan respon yang positif terhadap model yang
diterapkan.
Kata kunci: Model
siklus belajar, Pendekatan Konstruktivime
0 Response to "PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD MENGGUNAKAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr