Loading...

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD MENGGUNAKAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

   


Oleh: Sri Irawati

ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah menemukan alternatif model pembelajaran konsep dasar IPA di PGSD Universitas Bengkulu yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa serta mampu mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah melalui pembelajaran menerapkan model siklus belajar berdasarkan konstruktivisme. Permasalahan yang diungkap adalah konsepsi awal siswa, perubahan konsepsi setelah pembelajaran, efek iringan yang muncul selama pembelajaran, aktivitas  mahasiswa dalam pembelajaran, serta tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran yang ditetapkan.  Data dikumpulkan melalui lembar tes, lembar observasi mahasiswa, dan wawancara. Data dianalisa melalui tahapan kategorisasi data, validasi data, interpretasi dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya sebelum mengikuti pembelajaran mahasiswa sudah memiliki konsepsi awal namun ada yang belum ilmiah; setelah pembelajaran terjadi perubahan konsepsi; selama pembelajaran dengan menerapkan model siklus belajar muncul beberapa efek iringan yaitu berkembangnya ketrampilan sains dan sikap ilmiah mahasiswa serta meningkatnya kemampuan mengajar dosen. Pembelajaran menerapkan pendekatan ini juga meningkatkan  aktivitas  mahasiswa dalam pembelajaran. Mahasiswa dan dosen menunjukkan respon yang positif terhadap model yang diterapkan. 
  

Kata kunci: Model siklus belajar, Pendekatan Konstruktivime  
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD MENGGUNAKAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERDASARKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr