PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Karakter

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Karakter memiliki arti: 1). Sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. 2).Karakter juga bisa bermakna "huruf".

Menurut (Ditjen Mandikdasmen - Kementerian Pendidikan Nasional), Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat,  bangsa  dan  negara.  Individu  yang  berkarakter  baik  adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.

W.B. Saunders, (1977: 126) menjelaskan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu, sejumlah atribut yang dapat diamati pada individu.

Gulo W, (1982: 29) menjabarkan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau  dari titik  tolak etis  atau  moral,  misalnya kejujuran seseorang, biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap.

Kamisa, (1997: 281) mengungkapkan bahwa karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian.

Wyne mengungkapkan bahwa kata karakter berasal dari bahasa Yunani “karasso” yang berarti “to mark” yaitu menandai atau mengukir, yang memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Oleh sebab itu seseorang yang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus dikatakan sebagai orang yang berkarakter jelek, sementara orang yang berprilaku jujur, suka menolong dikatakan sebagai orang yang berkarakter mulia. Jadi istilah karakter erat kaitannya dengan personality
(kepribadian) seseorang.

Alwisol menjelaskan pengertian karakter sebagai penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksplisit maupun implisit. Karakter berbeda dengan kepribadian kerena pengertian kepribadian dibebaskan dari nilai. Meskipun demikian, baik kepribadian (personality) maupun karakter berwujud tingkah laku yang ditujukan kelingkungan sosial, keduanya relatif permanen serta menuntun, mengerahkan dan mengorganisasikan aktifitas individu.

11 Responses to "Pengertian Karakter"

  1. Mantap sharenya. Eh iya, disitus kami juga banyak dibahas tentang pengertian, silahkan berkunjung, thanks.

    ReplyDelete
  2. karakter sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan kualitas pendidikan yang diserap

    ReplyDelete
  3. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
    Memahami Google Pagerank
    Thanks.

    ReplyDelete
  4. Owh.. jadi itu ya pengertian karakter itu :)
    makasih banyak ya atas pembahasannya , salam kenal

    ReplyDelete
  5. ty bos, saya berminat pasang iklan? biaya brp?

    ReplyDelete
  6. saya mau tau dong pngertian karakteristik dan apa2 saja karakteristik itu sperti umur, tgkat pndidikan , pkerjaan...dll.
    trims :)

    ReplyDelete
  7. saya mau tau dong pngertian karakteristik dan apa2 saja karakteristik itu sperti umur, tgkat pndidikan , pkerjaan...dll.
    trims :)

    ReplyDelete
  8. tolong cantumkan daftar pustaka ya pak :) agar kita sebagai pembaca dapat mengetahui penjelasan tersebut diambil dari sumber mana. terima kasih

    ReplyDelete
  9. daftar pustakanya mana kk Butuh banget nih :(

    ReplyDelete
  10. Artikel mengenai pengertian ahlinya sangat membantu, terimakasih share artikelnya. Siip_aanwijzing

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr