PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/ CTL) MELALUI MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION/PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 9 KOTA BENGKLU




Oleh: Irdam Idrus

Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah menemukan alternatif model pembelajaran sains (biologi) di SMP N 9 Kota Bengkulu yang dapat meningkatkan kognisi serta mampu mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah siswa, dengan pembelajaran menerapkan pendekatan CTL melalui model PBI. Permasalahan yang ingin diungkap adalah konsepsi awal siswa, perubahan konsepsi setelah pembelajaran, efek iringan yang muncul selama pembelajaran, aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui tes, lembar observasi siswa dan guru, wawancara. Data dianalisa melalui tahapan katergorisasi data, validasi data, interpretasi dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya sebelum mengikuti pembelajaran siswa sudah memiliki konsepsi awal namun ada yang belum ilmiah; setelah pembelajaran terjadi perubahan konsepsi ; selama pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL melalui model PBI muncul beberapa efek iringan yaitu berkembangnya keterampilan sains dan sikap ilmiah siswa serta meningkatnya kemampuan mengajar guru. Pembelajaran menerapkan pendekatan ini juga meningkatkan  aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran . Siswa dan guru menunjukkan respon yang positif terhadap model yang diterapkan.    


Kata kunci: Pendekatan  kontekstual; pembelajaran berdasarkan masalah.  

0 Response to "PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/ CTL) MELALUI MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION/PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 9 KOTA BENGKLU"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr