Oleh:
Irdam Idrus
Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah
menemukan alternatif model pembelajaran sains (biologi) di SMP N 9 Kota
Bengkulu yang dapat meningkatkan kognisi serta mampu mengembangkan keterampilan
dan sikap ilmiah siswa, dengan pembelajaran menerapkan pendekatan CTL melalui
model PBI. Permasalahan yang ingin diungkap adalah konsepsi awal siswa,
perubahan konsepsi setelah pembelajaran, efek iringan yang muncul selama
pembelajaran, aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, serta tanggapan
siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui tes,
lembar observasi siswa dan guru, wawancara. Data dianalisa melalui tahapan
katergorisasi data, validasi data, interpretasi dan tindakan. Hasil penelitian
menunjukkan pada umumnya sebelum mengikuti pembelajaran siswa sudah memiliki
konsepsi awal namun ada yang belum ilmiah; setelah pembelajaran terjadi
perubahan konsepsi ; selama pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL
melalui model PBI muncul beberapa efek iringan yaitu berkembangnya keterampilan
sains dan sikap ilmiah siswa serta meningkatnya kemampuan mengajar guru.
Pembelajaran menerapkan pendekatan ini juga meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran .
Siswa dan guru menunjukkan respon yang positif terhadap model yang
diterapkan.
Kata kunci: Pendekatan kontekstual; pembelajaran berdasarkan
masalah.
0 Response to "PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/ CTL) MELALUI MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION/PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 9 KOTA BENGKLU"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr