Loading...

PENGEMBANGAN MODUL BILINGUAL DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM REGULASI SESUAI KURIKULUM 2006 UNTUK KELAS XI SEMESTER II RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL (RSBI)

   



 Zulyusri*), Helendra*),Ria Anggriyani**)
*)Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA UNP,email: zulyusri04@yahoo.com
**)Mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNP

ABSTRAK

Salah satu kendala yang ditemukan di Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) adalah terbatasnya jumlah media cetak bilingual yang sesuai dengan kurikulum 2006/KTSP untuk menunjang pembelajaran.Masalah lain adalah belum tersedianya modul bilingual dilengkapi peta konsep yang valid dan praktis yang dapat menyamakan pemahaman siswa terhadap pembagian sub-sub konsep materi sistem regulasi yang berbeda dari beberapa buku ajar yang digunakan di RSBI. Berdasarkan hal tersebut perlu dikembangkan modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem regulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem regulasi yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan  menggunakan 4-D models yang terdiri dari 4 tahap, yaitu dimulai dengan tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan), sedangkan tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Hasil uji validitas dan uji praktikalitas menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di RSBI Kelas XI.


Kata kunci: media, modul bilingual, peta konsep,4-D models, valid dan praktis.
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "PENGEMBANGAN MODUL BILINGUAL DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM REGULASI SESUAI KURIKULUM 2006 UNTUK KELAS XI SEMESTER II RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL (RSBI)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr