Loading...

Pengertian Ranah Psikomotor

   


Ranah  ini  membahas  keterampilan  yang  membutuhkan penggunaan  dan  koordinasi  otot  tubuh,  seperti  dalam  kegiatan jasmani  dalam  melaksanakan,  mengolah,  dan  membangun. Klasifikasi  ranah  ini  yang  paling  mudah  dimengerti  adalah sebagaimana  taksonomi yang dikembangkan oleh Harrour (Kemp, 1985) dengan 6 jenjang sebagai berikut:

1)  Gerakan  refleks,  merupakan  reaksi  otot  secara  tidak  sadar terhadap  rangsangan,  suatu  gerakan  naluriah  dan  tidak dipelajari.
2)  Gerakan pokok mendasar, merupakan pola gerakan tubuh yang didasarkan  pada  gerakan  refleks  dan  merupakan  dasar  bagi semua  kegiatan  psikomotor  normal.  Contoh:  berjalan,  berlari, meloncat, menggapai, memegang.
3)  Kemampuan  menghayati,  melibatkan  kesadaran  kinestetik, seperti  perubahan keseimbangan  badan,  pembedaan pandangan  atau  pendengaran,  pembedaan  rasa  rabaan  atau sentuhan, dan koordinasi gerakan mata-tangan dan mata-kaki.
Contoh:  berputar, membungkuk, menyeimbangkan, menyepak bola.
4)  Kemampuan  jasmani,  termasuk dalam kategori  ini adalah daya tahan, kekuatan,  keluwesan  dan  kelincahan  gerak.  Gerakan yang sangat terampil tidak bisa dibentuk tanpa dasar yang kuat dalam berbagai kemampuan tersebut.
5)  Gerakan yang menunjukkan keterampilan, yakni tindakan yang rumit  dengan  efisien,  di mana  beberapa macam  gerakan  yang rumit  tersebut  kalau  dilatih  menghasilkan  gerakan  yang menunjukkan  keterampilan  dengan  luwes  dan  indah. 
     Contoh:
     memainkan  alat  musik,  mengemudikan  kendaraan, memperbaiki  mesin  dan  sebagainya.  Dalam  kategori  ini terdapat  suatu  gerakan  yang  merupakan komunikasi berkesinambungan  dari  gerakan  jasmani  yang  bersifat  refleks yang  merupakan  hasil  belajar,  sebagai  misal  adalah  gerakan penafsiran dalam bentuk kesenian yang indah atau kreatif.


   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Pengertian Ranah Psikomotor "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr