1. Uraian Singkat
Dalam teknik ini, guru mengajukan satu atau beberapa pertanyaan untuk
melacak pengetahuan siswa untuk mendapatkan hipotesiss atau simpulan mereka dan
kemudian memilah-milahnya menjadi sejumlah kategori. Metoda pengajarann terarah
merupakan selingan yangmengasyikkan di sela-sela cara belajar biasa. Cara ini
memungkinkan untuk mengetahui apa yang telah diketahui dan dipahami oleh siswa
sebelum memaparkan apa yang akan diajarkan. Metodea ini sangat berguna dalam
mengajarkan konsep-konsep yang abstrak.
2. Prosedur
a. Ajukan pertanyaan atau
serangkaian pertanyaan yang menjajaki pemikiran siswa dalam pengetahuan yang
mereka miliki. Gunakan pertanyaan yang memiliki beberapa kemungkinan jawaban.
b. Berikan waktu yang cukup kepada
siswa dalam pasangan atau kelompok untuk membahas jawaban mereka.
c. Perintahkan siswa untuk
kembali ke tampat masing-masing dan catatlah pendapat mereka. Jika memungkikan,
seleksi jawaban mereka menjadi beberapa kategori yang terkait dengan kategori
atau konsep yang berbeda/
d. Sajikan poin-poin pembelajaran
utama yang ingin anda ajarkan. Perintahkan siswa untuk menjelaskan kesesuaian
jawaban mereka dengan poin-poin ini. Catatlah gagasan yangmemberi iformasi
tambahan bagi poin pembelajaran dari pelajaran.
3. Variasi
a. Jangan memilah-milah jwaban
siswa menjadi daftar yang terpisah. Sebagai gantinya, buatlah satu daftar
panjang dan perintahkan merak untuk mengkategorikan gagasan mereka terlebih
dahulu sebelum anda membandingkannya dengan konsep yang ada idi pikran anda.
a.
Mulailah pelajaran dengan tanpa kategori yang sudah ada di
benak anda. Cermati bagaimana siswa dan anda secara bersama bisa memilah-milah
gagasan-gagasan mereka menjadi kategori yang berguna.
0 Response to "Pengajaran terarah"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr