1. Uraian Singkat
Ini merupakan cara aktif dan menyenangkan untuk meninjau ulang materi
pelajaran. Cara ini memungkinkan siswa untuk berpasangan dan memberi pertanyaan
kuis kepada temannya.
2. Prosedur
a. Pada kartu indeks yang
terpisah, tulislah pertanyaan tentang apapun yang diajarkan di kelas. Buatlah
krtu pertanyaan dengan jumlah yang sama dengan setengah jumlah siswa.
b. Pada kartu yang terpisah, tulislah, tulisan jawaban atas
masing-masing pertanyaan itu.
c. Campurlah dua kumpulan kartu
itu dan kocoklah beberapa kali agar benar-benar tercampuraduk.
d. Berikansatu kartu untuk satu
siswa. Jelaskan bahwa ini merupakan latihan mencocokan. Sebagian siswa
mendapatkan pertanyaan tinjauan dan sebagian lain mendapatkan kartu jawabannya.
e. Perintahkan siswa untuk
mencari kartu pasangan mereka. Bila sudah terbentuk pasangan, perintahkan siswa
yang berpasangan itu untuk mencari tempat duduk bersama. (Katakan pada mereka
untuk tidak mengungkapkan kepada pasangan lain apa yang ada di kartu mereka).
f. Bila semua pasangan yang cocok
telah duduk bersama, perintahkan tiap
pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa yang lain dengan membacakan
keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswa lain untuk memberikan
jawaban.
3. Variasi
a. Sususunlah kartu yang berisi
sebuah kalimat beberapa kata yang dihilangkan untuk dicocokkan dengan kartu
yang berisi kata-kata yang hilang itu
misalnya, “Perubahan wujud dari berudu mejadi katak disebut _________.”
a.
Buatlah kartu yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan
beberapa kemungkinan jawabannya __ misalnya, “cara pencernaan makanan pada hewan?”.
Cocokkan kartu-kartu itu dengan kartu yang berisi kumpulan jawaban yang
relevan. Ketika tiap pasangan memberikan kuis kepada kelompok, perintahkan
mereka untuk mendapatkann beberapa jawaban dari siswa lain.
0 Response to "Model Pencocokan Kartu Indeks"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr