PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Mempertimbangkan Kembali


URAIAN SINGKAT
Salah satu cara paling efektif untuk mendisain sebuah unit atau materi pelajaran adalah dengan meminta siswa mengemukakan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pelajaran. Ada beberapa cara untuk melakukan bentuk pertimbangan kembali ini.

PROSEDUR
1.      Pada awal dari sebuah unit atau mata pelajaran. perintahkan siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang topik pelajaran. Sebagai contoh, tanyakanlah tentang:
·         Apa yang menjadikan _____ efektif (misalnya, tugas akhir)
·         Apa manfaat dari sebuah __ (konstitusi)
·         Apa saran yang hendak mereka berikan untuk menjadi _____ (misalnya aktor yang lebih baik)
           Gunakan salah satu dari format berlkut:
·         Diskusi kelompok
·         Kuesioner
·         Debat pembuka
·         Pernyataan tertulis
2.      Pada akhir dari mata pelajaran, perintahkan siswa untuk kembali mengemukakan pendapat mereka.
3.      Tanyakan kepada siswa apakah pandangan mereka masih sama ataukah sudah berubah.

VARIASI
1.      Diskusikan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan pandangan.
2.      Mulailah pelajaran dengan sebuah latihan yang memin­ta siswa menuliskan situasi saat ini di mana mereka tidak begitu terampil atau tahu banyak sebagaimana mereka nantinya (setelah mengikuti pelajaran). Akhirilah pelajaran dengan sebuah latihan yang meminta siswa menanyakan pada diri sendiri bagaimana mereka akan mengatasi situasi secara lebih efektif di waktu mendatang.




0 Response to "Mempertimbangkan Kembali"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr