URAIAN SINGKAT
Salah satu cara paling efektif untuk
mendisain sebuah unit atau materi pelajaran adalah dengan meminta siswa
mengemukakan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan
kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pelajaran. Ada beberapa cara
untuk melakukan bentuk pertimbangan kembali ini.
PROSEDUR
1.
Pada awal dari sebuah unit atau mata
pelajaran. perintahkan siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang topik
pelajaran. Sebagai contoh, tanyakanlah tentang:
·
Apa yang menjadikan _____ efektif
(misalnya, tugas akhir)
·
Apa manfaat dari sebuah __ (konstitusi)
·
Apa saran yang hendak mereka berikan
untuk menjadi _____ (misalnya aktor yang lebih baik)
Gunakan
salah satu dari format berlkut:
·
Diskusi kelompok
·
Kuesioner
·
Debat pembuka
·
Pernyataan tertulis
2.
Pada akhir dari mata pelajaran,
perintahkan siswa untuk kembali mengemukakan pendapat mereka.
3.
Tanyakan kepada siswa apakah pandangan
mereka masih sama ataukah sudah berubah.
VARIASI
1.
Diskusikan faktor-faktor yang
mengakibatkan perubahan pandangan.
2.
Mulailah pelajaran dengan sebuah latihan
yang meminta siswa menuliskan situasi saat ini di mana mereka tidak begitu terampil
atau tahu banyak sebagaimana mereka nantinya (setelah mengikuti pelajaran).
Akhirilah pelajaran dengan sebuah latihan yang meminta siswa menanyakan pada
diri sendiri bagaimana mereka akan mengatasi situasi secara lebih efektif di
waktu mendatang.
0 Response to "Mempertimbangkan Kembali"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr