URAIAN SINGKAT
Pendekatan ini meminta siswa untuk menilai apakah mereka akan mendapatkan manfaat dari pelajaran. Pendekatan ini menempatkan mereka dalam posisi "memiliki" harapan terhadap apa yang mereka pelajari, bukan hanya sekadar mengikuti pelajaran.
PROSEDUR
1.
Pada awal pelajaran, perintahkan siswa
untuk menuliskan apa yang bisa mereka dapatkan dari pelajaran.
Berikut adalah beberapa cara untuk
menyusun latihan ini:
·
Perintahkan siswa untuk membuat daftar
berisi, tujuan belajar mereka atas pelajaran ini.
·
Perintahkan siswa untuk membuat daftar
berisi apa saja yang menurut mereka sulit atau tidak menarik pada pelajaran
ini.
·
Perintahkan siswa untuk membuat daftar
berisi cara-cara yang bisa mereka gunakan untuk memanfaatkan apa yang mereka
pelajari.
2.
Meluangkan waktu secara berkala bagi
siswa untuk membaca pernyataan awal mereka dan mempertimbangkan nilai-nilai apa
yang selama ini mereka dapatkan dari pelajaran tersebut.
3.
Pada akhir penyajian materi, akhir
semester, atau akhir pelajaran, perintahkan siswa untuk menilai apakah
investasi waktu dan usaha mereka di kelas ada manfaatnya jika ditinjau dari apa
yang menjadi harapan mereka pada awal pelajaran.
4.
Mintalah umpan balik dari siswa.
VARIASI
1.
Buatlah sebuah pajangan berisi tujuan
siswa agar mereka dapat mencocokkannya dengan mudah selama berlangsungnya
pelajaran.
2.
Perintahkan siswa untuk membuat
penyajian materi yang menjelaskan apa yang mereka dapatkan dari investasi
mereka dalam mengikuti pelajaran. Sebagai contoh, seorang siswa yang merasa
bahwa pelajaran yang ia ikuti memiliki manfaat mungkin akan mengungkapkan bahwa
dia mendapatkan keuntungan sebesar 75 persen dari investasi mereka.
0 Response to "Keuntungan dari Investasi Anda"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr