URAIAN SINGKAT
Strategi ini merupakan alternatif dalam peninjauan-ulang materi. Strategi ini memungkinkan guru untuk mengevaluasi sejauhmana siswa telah menguasai materi, dan bertugas menguatkan, menjelaskan, dan mengikhtisarkan poin-poin utamanya.
PROSEDUR
1.
Bagilah siswa menjadi beberapa tim
beranggotakan tiga atau empat orang. Perintahkan tiap tim memilih nama
organisasi (tim olah raga, perusahaan, kendaraan bermotor, dll) yang mereka wakili.
2.
Beri tiap siswa sebuah kartu indeks.
Siswa akan mengacungkan kartu mereka untuk menunjukkan bahwa mereka ingin
mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan. Format permainannya sama seperti
lempar koin: Tiap kali anda mengajukan sebuah pertanyaan, anggota tim boleh
menunjukkan keinginannya untuk menjawab.
3.
Jelaskan aturan berikut ini:
·
Untuk menjawab sebuah pertanyaan,
acungkan kartu kalian.
·
Kalian dapat mengacungkan kartu sebelum
sebuah pertanyaan selesai diajukan jika kalian merasa sudah tahu jawabannya, segera
setelah kali melakukan interupsi pembacaan pertanyaan itu dihentikan.
·
Tim menilai satu angka untuk setiap
jawaban pertanyaan yang benar.
·
Ketika seorang siswa memberikan jawaban
yan salah, tim lain bisa mengambil alih untuk menjawah (Mereka dapat mendengarkan
seluruh pertanyaan jika tim lain menginterupsi pembacaan pertanyaan)
4.
Setelah semua pertanyaan diajukan.
jumlahkan skornya dan umumkan pemenangnya.
5.
Berdasarkan jawaban permainan, tinjaulah
materi yang belum jelas atau yang memerlukan penjelasan lebih lanjut.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif penggunaan format lempar koin, selang-selinglah
pertanyaan kepada tiap tim.
2.
Sebagai alternatif dari menjawab pertanyaan yang sifatnya
pengetahuan. gunakan permainan itu untuk menguji apakah siswa dapat
mempraktikkan sebuah ketrampilan dengan benar.
buku yang membahas ttg bowling kampus ini selain sumbernya dari silberman ada g pak???
ReplyDeletehelp me.
untuk bahan skripsi saya..
Achi
I read that Post and got it fine and informative. CleverBowling.com
ReplyDelete