URAIAN SINGKAT
Strategi ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengikhtisarkan apa yang telah mereka pelajari dan untuk menyajikan ikhtisar kepada siswa lain. Ini merupakan cara yang baik untuk mendorong siswa merekapitulasi apa yang telah mereka pelajari dengan cara mereka sendiri.
PROSEDUR
1.
Jelaskan kepada siswa bahwa bila anda sendiri yang membuatkan
ikhtisar pelajaran itu berarti bertentangan dengan prinsip belajar aktif.
2.
Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok beranggotakan dua
hingga empat orang.
3.
Perintahkan tiap kelompok untuk membuat ikhtisar mereka
sendiri tentang mata pelajaran yang mereka tempuh. Doronglah mereka untuk
membuat uraian singkat, peta pemikiran, atau instrumen lain yang akan
memungkinkan mereka menyampaikan ikhtisar kepada siswa lain.
Gunakan salah satu dari pertanyaan
berikut untuk memandu pekerjaan mereka:
·
Apa topik utama yang telah kita bahas?
·
Apa sajakah poin-poin utama yang dikemukakan
dalam pelajaran hari ini?
·
Apa pengalaman yang kalian dapatkan dan manfaat
apa yang kalian dapatkan darinya?
·
Gagasan atau saran apakah yang kalian dapatk dari pelajaran
ini?
4.
Perintahkan kelompok untuk saling
berbagi ikhtisar mereka. Beri tepuk tangan atas usaha mereka.
VARIASI
1.
Siapkan garis-garis besar topik hari ini dan perintahkan
siswa untuk mengisi rincian dari hal-hal yang telah dibahas.
2.
Perintahkan siswa untuk melagukan
ikhtisar itu. Perintahkan mereka supaya menggunakan irama dari lagu-lagu yang
sudah dikenal atau cobalah perintahkan mereka untuk membuat lagu rap berisi
ikhtisar pelajaran.
0 Response to "Ikhtisar Siswa "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr