PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ikhtisar Siswa


URAIAN SINGKAT

Strategi ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengikhtisarkan apa yang telah mereka pelajari dan untuk menyajikan ikhtisar kepada siswa lain. Ini merupakan cara yang baik untuk mendorong siswa merekapitulasi apa yang telah mereka pelajari dengan cara mereka sendiri.

PROSEDUR
1.      Jelaskan kepada siswa bahwa bila anda sendiri yang membuatkan ikhtisar pelajaran itu berarti bertentangan dengan prinsip belajar aktif.
2.      Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok beranggotakan dua hingga empat orang.
3.      Perintahkan tiap kelompok untuk membuat ikhtisar mereka sendiri tentang mata pelajaran yang mereka tempuh. Doronglah mereka untuk membuat uraian singkat, peta pemikiran, atau instrumen lain yang akan memungkinkan mereka menyampaikan ikhtisar kepada siswa lain.
Gunakan salah satu dari pertanyaan berikut untuk memandu pekerjaan mereka:
·         Apa topik utama yang telah kita bahas?
·         Apa sajakah poin-poin utama yang dikemukakan dalam pelajaran hari ini?
·         Apa pengalaman yang kalian dapatkan dan manfaat apa yang kalian dapatkan darinya?
·         Gagasan atau saran apakah yang kalian dapatk dari pelajaran ini?
4.      Perintahkan kelompok untuk saling berbagi ikhtisar mereka. Beri tepuk tangan atas usaha mereka.

VARIASI
1.      Siapkan garis-garis besar topik hari ini dan perintahkan siswa untuk mengisi rincian dari hal-hal yang telah dibahas.

2.      Perintahkan siswa untuk melagukan ikhtisar itu. Perintahkan mereka supaya menggunakan irama dari lagu-lagu yang sudah dikenal atau cobalah perintahkan mereka untuk membuat lagu rap berisi ikhtisar pelajaran.





0 Response to "Ikhtisar Siswa "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr