PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

SELEKSI KEMAMPUAN ISOLAT PSEUDOMONAD FLUORESEN DALAM MENGENDALIKAN JAMUR FUSARIUM PENYEBAB PENYAKIT LAYU TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.)

Oleh:
Linda Advinda1), Azwir Anhar1), Fitri Khairina2)
1)Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang
2)Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang

ABSTRAK

Penyakit layu Fusarium adalah salah satu penyakit yang menyerang tanaman cabai. Pseudomonad fluoresen (Pf) merupakan agens hayati yang telah dilaporkan mampu mengendalikan berbagai jenis patogen tanaman termasuk jamur Fusarium. Penelitian bertujuan menyeleksi kemampuan isolat Pf dalam mengendalikan jamur Fusarium penyebab penyakit layu tanaman cabai. Kemampuan pengendalian penyakit diukur berdasarkan kemampuan menghambat pertumbuhan jamur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap 6 perlakuan dan 4 ulangan. Isolat Pf yang digunakan adalah Kd.7, Ms.1, Mi.1, Mi.2, Cas.3, dan MP.2. Data dianalisis menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) dan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Parameter yang diamati adalah besarnya diameter zona hambat yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan semua isolat Pf mempunyai potensi dalam mengendalikan jamur Fusarium sp. dan memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan jamur Fusarium sp.

Key word: Pseudomonad fluoresen, Fusarium


Link:

 


0 Response to "SELEKSI KEMAMPUAN ISOLAT PSEUDOMONAD FLUORESEN DALAM MENGENDALIKAN JAMUR FUSARIUM PENYEBAB PENYAKIT LAYU TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr