PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

KERAGAMAN TEMPAT BERSARANG Apis cerana (HYMENOPTERA: APIDAE) PADA EKOSISTIM PERTANIAN DAN HUTAN DI SUMATERA BARAT

Jasmi1, Siti Salmah2, Dahelmi2 dan Syamsuardi2
1Mahasiswa S3 PPs Universitas Andalas/
Prodi Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang
 2Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Andalas, Padang 

Abstrak

Penelitian tentang keragaman tempat bersarang Apis cerana dilakukan pada ekosistem pertanian dan hutan di Sumatera Barat dari bulan Mei-Oktober 2011. Lokasi pengambilan sampel adalah ekosistim pertanian dataran rendah dan tinggi serta hutan. Pengambilan sampel tumbuhan dilakukan pada ekosistim pertanian tradisional dataran rendah (<500 m dpl) di Kecamatan Batang Anai dan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi dataran tinggi (> 500 m dpl) terletak di Kecamatan Batipuh dan X Koto Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Lokasi hutan dataran rendah terletak di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB Limau Manis Padang dan hutan dataran tinggi terletak di Kecamatan Batipuh. Penelitian laboratorium dilakukan di Laboratorium Taksonomi Tumbuhan Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Andalas Padang. Dari hasil penelitian ini ditemukan jenis tumbuhan yang banyak dimanfaatkan A. cerana untuk bersarang pada ekosistim pertanian dataran tinggi adalah dadap (E. variegata) dan pada dataran rendah adalah kelapa (C. nucifera). Jumlah sarang lebih banyak ditemukan pada ekosistim pertanian. Sarang ditempatkan pada pohon yang berdiameter lebih besar dari 11 cm. Ketinggian sarang rata-rata dari permukaan tanah adalah 183,18 cm. Jumlah gerbang sarang rata-rata adalah 1,09 buah. Rata-rata ukuran tinggi gerbang sarang adalah 17,39 cm dan lebar 6,23 cm.



Kata kunci: Apis cerana, ekosistim pertanian, hutan, tempat bersarang.






Link:

 


0 Response to "KERAGAMAN TEMPAT BERSARANG Apis cerana (HYMENOPTERA: APIDAE) PADA EKOSISTIM PERTANIAN DAN HUTAN DI SUMATERA BARAT"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr