PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendidikan Karakter untuk Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Materi Pokok Fungi di SMA

Heffi Alberida, Helendra, Diana Sherra
Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang

ABSTRAK

Pendidikan karakter menjadi suatu keharusan karena pendidikan tidak hanya menjadikan siswa cerdas, tetapi juga berbudi luhur. Integrasi pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran dapat dilakukan dengan merancang RPP yang memperhatikan karakter dalam indikator dan tujuan pembelajaran. Upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan dengan menuliskan secara ekplisit karakter yang ingin dibentuk pada siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembentukan karakter siswa menjadi kewajiban dan tanggung jawab guru, inilah yang disebut dengan RPP berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan mengembangkan RPP berbasis pendidikan karakter untuk model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi pokok fungi, melihat validitas dan keterlaksanaan RPP yang dihasilkan, serta mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek untuk uji coba RPP adalah siswa SMAN 3 Padang kelas X6           . Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validasi RPP, keterlaksanaan RPP, dan respons siswa. Data validasi dan keterlaksanaan RPP dianalisis dengan analisis deskriptif dengan range 1-4. Data respons siswa berupa persentase.
Dari penelitian ini dihasilkan RPP berbasis pendidikan karakter untuk model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi pokok fungi. Validitas RPP yang dihasilkan berkategori baik dengan rata-rata nilai 3,39. Keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik untuk RPP pertemuan pertama dan baik untuk RPP pertemuan kedua. Respons siswa yang diminta setelah uji coba berlangsung menyatakan bahwa 71,79 % siswa  cukup senang dengan model pembelajaran yang digunakan. 76,92 % siswa cukup mengerti dengan bahan ajar yang digunakan serta 64,10% siswa cukup mengerti dengan LKS yang digunakan. 82,05 % siswa sangat setuju jika guru menegur siswa yang tidak mau bertanggung jawab dan bekerja sama dalam kelompoknya. 84,62 % siswa cukup mudah memahami materi yang diajarkan. 74,36 % siswa berpendapat cara mengajar guru cukup baru. 71,79 % siswa cukup berminat mengikuti pelajaran.


Kata kunci: RPP; pendidikan karakter


Link:

 

0 Response to "Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendidikan Karakter untuk Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Materi Pokok Fungi di SMA"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr