URAIAN SINGKAT
Teknik
sederhana ini menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mendorong mereka untuk
memikirkan tentang sebuah topik atau pertanyaan. Siswa lebih cenderung
mengingat suatu pengetahuan tentang materi pelajaran yang belum pernah dibahas
sebelumnya jika mereka dilibatkan semenjak awal dalam pengalaman kegiatan
belajar satu kelas penuh.
PROSEDUR
1.
Ajukan pertanyaan yang njelimet untuk
menstimulasi keingintahuan tentang mata pelajaran yang hendak anda bahas.
Pertanyaannya haruslah merupakan pertanyaan yang menurut anda ada beberapa
siswa yang mengetahui jawabannya.
Berikut adalah beberapa contohnya:
·
Pertanyaan. sehari-hari ("Mengapa kita mesti membayar pajak penghasilan?")
·
Cara melakukan ("Menurut pakar, seperti apakah
cara-cara terbaik untuk mengawetkan mumi?")
·
Definisi ("Apa lubang hitam Itu?)
·
Judul
("Menurut kalian, karya dramanya Ibsen, A Doll's House, berkisah tentang apa?)
·
Cara kerja ("Apa yang menjadikan mobil bisa
ber-jalan?").
·
Akibat ("Menurut kalian, bagaimana akhir dari
alur cerita ini? "Bagaimana pemecahan atas masalah ini?").
2.
Doronglah siswa untuk
berpikir dan membuat dugaan umum. Gunakan frase
semisal, "Coba tebak" atau "Coba jawab".
3.
Jangan buru-buru memberikan
tanggapan. Tampung dulu semua dugaan siswa. Ciptakan
rasa penasaran tentang jawaban yang "sesungguhnya."
4.
Gunakan pertanyaan itu untuk
mengarahkan siswa kepada apa yang hendak anda ajarkan. Sertakan jawaban atas
pertanyaan anda dalam penyajian materi anda. Anda perlu memastikan bahwa siswa
lebih menaruh perhatian dibanding biasanya.
VARIASI
1.
Pasangkan siswa dan
perintahkan mereka untuk secara kolektif membuat dugaan.
2.
Sebagai ganti pertanyaan
katakan kepada siswa apa yang hendak anda ajarkan dan mengapa hal Itu menarik.
Cobalah untuk menghangatkan tahap pengenalan ini dengan cara seperti
mengiklankan sebuah film yang akan segera ditayangkan.
0 Response to "Pikiran yang Penuh Tanya Selalu Ingin Mengetahui"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr