URAIAN SINGKAT
Rancangan ini memberi peluang bagi siswa untuk memikirkan dan
mengakui tanggungjawab Individual mereka dalam kegiatan belajar aktif di kelas
PROSEDUR
1.
Buatlah salinan dari kontrak berikut ini:
Saya memahami bahwa dalam pelajaran ini saya akan
mempelajari tentang - (diisi dengan matapelajaran). Tujuan
dari mata pelajaran ini adalah - (diisi dengan tujuan anda). Saya berpegang pada tujuan ini dan akan berupaya keras mengerjakan hal-hal
berikut ini:
·
Menggunakan waktu saya di
kelas untuk mendukung tujuan ini melalui partisipasi dalam kegiatan.
·
Bertanggungjawab atas
kegiatan belajar saya sendiri dan tidak akan menunggu siapapun untuk memovasi saya.
·
Membantu siswa lain
memaksimalkan belajar mereka dengan mendengarkan apa yang harus mereka katakan
dan menawarkan tanggapan positif.
·
Memikirkan, meninjau, dan
menerapkan apa yang telah saya pelajari di luar kelas.
Tanda tangan Tanggal
2.
Berjanilah bersama-sama siswa untuk melakukan apapun semampu kita
guna menjadikan mata pelajaran ini sebagai pengalaman belajar yang efektif.
3.
Bagikan salinan kontrak atau perjanjian itu dan
mintalah mereka supaya membacanya. Jelaskan bahwa anda tidak bisa menjamin
pencapaian tujuan mata pelajaran tanpa upaya dan komitmen mereka untuk belajar
aktif. Perintahkan mereka untuk mempertimbangkan ke-seriusan bekerjasama dengan
mau,menandatangani kontrak tertulis itu.
4.
Sediakan waktu untuk berdiskusi dan berfikir. Jelaskan bahwa siswa harus mematuhi kontrak yang mereka tandatangani. Pasrahkan
kepada siswa apakah mereka akan menandatanginya atau tidak.
VARIASI
1.
Sediakan pernyataan tertulis
tentang tanggungjawab anda dalam pelajaran ini. Pertimbangkan beberapa
dari hal-hal berikut ini:
·
Dengarkan secara aktif apa yang mesti dikatakan
siswa.
·
Bersikaplah mendukung upaya siswa untuk mengambil
resiko belajar.
·
Variasikan metoda mengajar anda.
·
Mulai dan akhirilah pelajaran secara tepat waktu.
·
Bagikan materi atau buku ajar yang mudah dibaca.
·
Bersikaplah terbuka terhadap
pendapat siswa.
·
Sediakan instrumen visual.
2.
Perintahkan siswa untuk mengemukakan apa yang
mereka harapkan tentang perilaku anda sebagai pengajar.
Bagaimana Membantu Siswa Mendapatkan Pengetahuan,
Ketrampilan, dan Sikap Secara Aktif
Jika strategi-strategi yang disajikan dalam
bagian sebelumnya merupakan "hidangan pembuka" untuk kegiatan belajar
aktif. strategi-strategi yang akan segera diperkenalkan kepada anda merupakan
"entri"-nya. Pendidikan di segala jenjang pada umumnya dimaksudkan
untuk mendapatkan pengetahuan. ketrampilan, dan sikap. Pembelajaran
kognitif (pengetahuan) mencakup pemerolehan informasi dan konsep. Pembelajaran
ini tidak hanya berkenaan dengan pemahaman bahan ajar, namun juga dengan
analisis dan penerapannya pada situasi baru. Pembelajaran perilaku
(ketrampilan) mencakup pengembangan kompetensi pada kemampuan siswa dalam
mengerjakan tugas, memecahkan masalah. dan mengungkapkan pendapat. Pembelajaran
afektif (sikap) mencakup pengkajian dan penjelasan tentang perasaan dan
preferensi. Siswa dilibatkan dalam menilai diri mereka sendiri dan hubungan
pribadi mereka terhadap materi pelajaran. Bagaimana pengetahuan, ketrampilan,
dan sikap yang didapatkan bisa menimbulkan segenap perbedaan pada diri mereka?
Akankah ini dilakukrn secara pasif ataukah aktif?
Pembelajaran aktif atas informasi,
ketrampilan, dan sikap berlangsung melalui proses penyelidikan atau proses
bertanya. Siswa dikondisikan dalam sikap mencari bukan sekadar menerima (reaktif).
Dengan kata lain, mereka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan kepada mereka atau pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan sendiri.
Mereka mengupayakan pemecahan atas permasalahan yang diajukan oleh guru. Mereka
tertarik untuk mendapatkan informasi atau menguasai ketrampilan
guna'menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka. Dan mereka dihadapkan
pada persoalan yang membuat mereka tergerak untuk mengkaji apa yang mereka
nilai dan yakni. Semua ini terjadi bila siswa dilibatkan dalam tugas dan
kegiatan yang secara halus mendesak mereka untuk berfikir, bekerja, dan merasa.
Kita dapat membuat jenis-jenis kegiatan ini dengan menggunakan banyak strategi yang
akan kita jumpai dalam bahasan ini. Bahasan ini dibagi menjadi beberapa bagian:
KEGIATAN BELAJAR DALAM SATU KELAS-PENUH
Bagian ini membahas cara-cara untuk menjadikan
pengajaran yang dibimbing oleh guru lebih interaktif. Anda akan menjumpai
strategi-strategi untuk menyajikan informasi dan gagasan yang melibatkan siswa secara
metal.
MENSTIMULASI DISKUSI
Bagian ini menggali cara-cara untuk mengidentifkkan
dialog dan debat tentang persoalan-persoalan utama, dalam materi yang anda
ajarkan. Anda akan menjumpai sejumlah strategi yang mendorong partisipasi aktif
dan menyeluruh dari siswa
PENGAJUAN PERTANYAAN
Bagian ini membahas cara membantu siswa agar
mau mengajukan pertanyaan. Anda akan menjumpai strategi-strategi yang
memungkinkan siswa merumuskan pertanyaan yang diajukan yang menjelaskan
apa.yang telah anda ajarkan kepada mereka.
BELAJAR BERSAMA
Bagian ini menyajikan cara-cara untuk
merancang tugas belajar yang dikerjakan oleh siswa dalam kelompok kecll. Anda
akan menjumpai strategi-strategi yang mendorong kerjasama dan saling
ketergantungan di antara siswa.
PENGAJARAN SESAMA SISWA
Bagian ini membahas
cara-cara yang memungkinkan siswa untuk mengajar satu sama lain.
BELAJAR SECARA MANDIRI
Bagian ini terkait dengan
aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa secara individual dan pribadi. Anda
akan menjumpai strategi-strategi untuk rneningkatkan tanggungjawab siswa dalam
menerapkan cara belajar mereka sendiri.
PEMBELAJARAN AFEKTIF
Bagian ini membahas peritang
siswa dalam memahami perasaan. nilai-nilai dan sikap mereka. Anda akan menjumpai
strategi-strategi untuk memfasilitasi pemahaman diri dan penjelasan nilai.
PENGEMBANGAN KETRAMPILAN
Bagian ini membahas tentang ketrampilan
mempelajari dan mempraktikkan – baik teknis maupun non-teknis. Anda akan
menjumpai strategi-strategi untuk memacu perkembangan ketrampilan awal dan
penerapannya.
Kegiatan Belajar dalam Satu
Kelas-Penuh
Strategi di bagian ini
dirancang untuk memajukan pengajaran satu kelas penuh. Seperti yang akan
anda baca penyampaian pelajaran dengan
metoda ceramah pun bisa dijadikan aktif dengan memanfaatkan berbagai macam
tehnik. Anda juga akan menjumpai cara-cara untuk mengkritisi tayangan video dan
penampilan pre-senter tamu. Terakhir, anda akan menjumpai cara-cara baru untuk
mengajarkan konsep dan gagasan yang sulit sehingga siswa bisa memahaminya
secara maksimal
0 Response to "Model Pembelajaran Bertanggung jawab terhadap Matapelajaran"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr