URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara untuk membantu
siswa agar tetap fokus dan jeli selama berlangsungnya pengajaran berbasis
ceramah. Tim pendengar merupakan kelompok-kelompok kecil yang bertanggung jawab
untuk mengklarifikasi materi pelajaran.
PROSEDUR
1.
Bagilah siswa menjadi empat
tim, dan berikan tim-tim tersebut tugas berikut:
Tim Peran Tugas
1 Penanya Setelah pengajaran berbasis-ceramah, ajukan
setidaknya dua pertanyaan tentang materi
yang dibahas.
2 Penyetuju Setelah pengajaran berbasis-ceramah,
katakan hal-hal mana yang mereka setujui (atau
dirasa membantu) dan jelaskan alasannya.
3 Pembantah Setelah pengajaran
berbasis-ceramah, beri
komentar tentang hal mana yang tidak mereka
setujui (atau tidak banyak membantu) dan jelaskan
alasannya.
4.
Pemberi contoh Setelah pengajaran berbasis-ceramah, berilah
contoh dan materi atau pelajaran penerapan kusus.
2.
Sajikan pengajaran
berbasis ceramah anda. Setelah selesai, berikan waktu bagi tim untuk
menyelesaikan - tugasnya.
3.
Perintahkan tiap tim
untuk menanyakan. menyetujui dan sebagainya. Anda mesti mendapatkan lebih
banyak partisipasi siswa ketimbang yang anda bayangkan.
VARIASI
1.
Buatlah peran lain. Sebagai
contoh. perintahkan sebuah tim untuk mengikhtisarkan pengajaran
“berbasis-ceramah”. atau mintalah sebuah tim untuk membuat pertanyaan yang
menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran.
2.
Ajukan
pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu, yang mana jawabannya akan ditemukan
dalam penyajian materi pelajaran. Perintahkan siswa untuk mendengarkan dengan
cermat guna mendapatkan jawabannya. Tim yang dapat menjawab sebagian besar
pertanyaan akan menang.
0 Response to "Tim Pendengar"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr