PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Tim Pendengar


URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini merupakan cara untuk membantu siswa agar tetap fokus dan jeli selama berlangsungnya pengajaran berbasis ceramah. Tim pendengar merupakan kelompok-kelompok kecil yang bertanggung jawab untuk mengklarifikasi materi pelajaran.

PROSEDUR
1.      Bagilah siswa menjadi empat tim, dan berikan tim-tim tersebut tugas berikut:
    Tim            Peran               Tugas
          1                Penanya           Setelah pengajaran berbasis-ceramah, ajukan
                                               setidaknya dua pertanyaan tentang materi
                                               yang dibahas.
      2                Penyetuju         Setelah pengajaran berbasis-cera­mah,
                                                 katakan hal-hal mana yang mereka setujui (atau
                                                 dirasa membantu) dan jelaskan alasannya.
      3                Pembantah       Setelah pengajaran berbasis-ceramah, beri
                                                 komentar tentang hal mana yang tidak mereka
                                                 setujui (atau tidak banyak  membantu) dan jelaskan
                                                 alasannya.
4.                          Pemberi contoh  Setelah pengajaran berbasis-ceramah, berilah     
                               contoh dan materi atau pelajaran penerapan kusus.
2.      Sajikan pengajaran berbasis ceramah anda. Setelah selesai, berikan waktu bagi tim untuk menyelesaikan - tugasnya.
3.      Perintahkan tiap tim untuk menanyakan. menyetujui dan sebagainya. Anda mesti mendapatkan lebih banyak partisipasi siswa ketimbang yang anda bayangkan.

VARIASI
1.      Buatlah peran lain. Sebagai contoh. perintahkan sebuah tim untuk mengikhtisarkan pengajaran “berbasis-ceramah”. atau mintalah sebuah tim untuk membuat pertanyaan yang menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran.

2.      Ajukan pertanyaan-pertanyaannya terlebih dahulu, yang mana jawabannya akan ditemukan dalam penyajian materi pelajaran. Perintahkan siswa untuk mendengarkan dengan cermat guna mendapatkan jawabannya. Tim yang dapat menjawab sebagian besar pertanyaan akan menang.





0 Response to "Tim Pendengar"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr