URAIAN SINGKAT
Aktivitas kerjasama ini juga segera menstlrnulasi keterlibatan
tcrhadap pengajaran yang anda lakukan. Kegiatan ini
meningkatkan pembentukan tim. pertukaran pendapat, dan pembelajaran langsung.
PROSEDUR
1.
Susunlah sebuah daftar pernyataan yang terkait
dengan materi pelajaran anda, yang setengahnya benar dan setengahnya salah.
Sebagai contoh, pernyataan "Mariyuana bisa menimbulkan kecanduan"
adalah benar. dan pernyataan, "Alkohol merupakan obat perangsang"
adalah salah; Tuils tiap pernyataan pada kartu indeks yang terpisah. Pastikan
jumlah kartunya sesuai dengan jumlah siswa yang hadir. (Jika siswa yang hadir
jumlahnya ganjil, pilihliah satu kartu untuk anda sendiri.)
2. Bagikan satu kartu untuk satu siswa. Katakan kepada siswa bahwa misi mereka
adalah menentukan kartu mana yang benar (berisi pernyataan benar) dan mana yang
salah. Jelaskan bahwa mereka bebas memilih cara apapun yang mereka inginkan
dalam menyelesaikan tugas ini.
3.
Bila para siswa sudah
selesai, perintahkan agar setiap kartu dibaca dan mintakan pendapat siswa
tentang benar atau salahkah pernyataan tersebut. Beri kesempatan munculnya
pendapat minoritas.
4.
Berikan umpan balik tentang masing-masing kartu,
dan catat cara-cara siswa dalam bekerjasama menyelesaikan tugas ini.
5.
Tunjukkan bahwa dalam pelajaran ini diperlukan
keterampilan tim yang positif karena hal ini menunjukkan kegiatan belajar yang
sifatnya aktif.
VARIASI
1.
Sebelum dimulainya kegiatan, rekrutlah beberapa
siswa sebagai pengamat. Mintalah agar mereka memberikan umpan balik tentang
kualitas kerja tim yang berlangsung.
2.
Sebagai ganti pernyataan faktual, buatlah daftar
opini dan tempatkan tiap opini pada sebuah kartu indeks. Bagikan kartu tersebut
dan mintalah siswa agar berupaya mencapai mufakat tentang reaksi mereka terhadap
tiap opini. Mintalah mereka supaya menghargai pendapat minoritas.
0 Response to "Model Pembelajaran Benar atau Salah?"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr