PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengaruh Pemberian Air Nanas (Ananas comusus) Terhadap Kadar Lemak, Protein dan Nilai Organoleptik Dadih.

Erismar Amri, S.Si., M.Si ; Zamroni, S.Pd ;
Drs. Mades Fifendy, M.Biomed.


ABSTRAK

Dadih merupakan makanan khas masyarakat Sumatera Barat, pada umumnya dadih dimanfaatkan sebagai lauk pauk atau makanan selingan pelengkap upacara adat. Dadih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kandungan bakteri asam laktat yang terdapat dalam dadih berpotensi sebagai probiotik. Rasa dadih yang kurang enak serta rasa asam yang relatif tinggi membuat dadih kurang disukai oleh anak-anak dan remaja, oleh karena itu perlu dilakukan fortifikasi dengan air nanas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian  air nanas (Ananas comusus) terhadap kadar protein, lemak dan nilai organoleptik dadih. Penelitian ini menggunakan susu kerbau sebanyak 3000 ml dan air nanas sebanyak 25 ml dan aquadest sebanyak 25 ml. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan mengggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah pemberian (A) 200 ml susu kerbau + aquadest 10 ml, (B) 200 ml susu kerbau +  air nanas 7,5 ml + aquadest 2,5 ml, (C) 200 ml susu kerbau + air  nanas 5 ml + aquadest 5 ml, (D) 200 ml susu kerbau + air nanas 2,5 ml + aquadest  7,5. (E) 200 ml susu kerbau + air nanas 10 ml. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian air nanas dapat meningkatkan kadar protein, menurunkan kadar lemak dan meningkatkan nilai organoleptik dadih. Pemberian air nanas yang terbaik adalah pada perlakuan (E) 10 ml.



Sumber:
 

1 Response to "Pengaruh Pemberian Air Nanas (Ananas comusus) Terhadap Kadar Lemak, Protein dan Nilai Organoleptik Dadih."

  1. ada susu yang lebih manfaat dari susu sapi yakni dari kambing etawa yang biasa disebut orang orang Susu kambing etawa

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr