PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

DETEKSI IODIUM DENGAN EKSKRESI IODIUM URIN (EIU) PADA SISWA SDN 8 KECAMATAN TANJUNG GADANG SIJUNJUNG

 Dra. Gustina Indriati, M.Kes.; Rina Widiana, S.Si. M.Si ;
Irwen Evendy, S.Pd

ABSTRAK
            Iodium adalah jenis elemen mineral mikro kedua sesudah besi yang dianggap penting bagi kesehatan manusia dan merupakan zat gizi essensial sehingga harus diperoleh dari makanan dan minuman. Iodium berfungsi dalam sistesis hormon tiroid dan merupakan faktor penting yang mempengaruhi proses awal petumbuhan dan perkembangan. Apabila asupan iodium tidak memenuhi kebutuhan tubuh maka akan timbul gangguan akibat kekurangan iodium (GAKI). GAKI adalah sekumpulan gejala klinis yang timbul karena tubuh seseorang kekurangan unsur  iodium  secara terus menerus dalam waktu yang lama. Beberapa gangguan tersebut seperti gondok, intelegensi menurun, retardasi mental dan lain-lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kekeurangan iodium adalah melalui Ekskresi Iodium Urin (EIU). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kekurangan iodium dengan Eksresi Iodium Urin (EIU) Pada siswa SDN 8 Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Penelitian dilakukan pada bulan Februari tahun 2011  di laboratorium BAPELKES Padang. Penelitian menggunakan alat yang bernama spektro-fotometer dengan metode Ammonium Persulfate Digestion Microplate (APDM).
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SDN 8 Tanjung Gadang  tidak mengalami kekurangan asupan iodium (cukup), bahkan pada setiap kelas terdapat kriteria asupan iodium lebih dari cukup, khusus untuk kelas I, II, dan VI terdapat status kekurangan iodium pada tingkat ringan yaitu masing-masing sebesar 9 %, 16,7 %, dan 33,3 %.


Keyword: Iodium, EIU.


Sumber:
 

0 Response to "DETEKSI IODIUM DENGAN EKSKRESI IODIUM URIN (EIU) PADA SISWA SDN 8 KECAMATAN TANJUNG GADANG SIJUNJUNG"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr