Doris Yelniwetis [1] dan Syamsurizal [2]
Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah banyak
dilaksanakan seperti adanya perubahan kurikulum, peningkatan kompetensi guru
dan pemilihan model pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan
mengadakan variasi dalam model pembelajaran seperti penggunaan model pembelajaran kooperatif
CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif CIRC terhadap hasil belajar biologi siswa kelas internasional SMPN 1
Padang. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe CIRC terhadap hasil belajar biologi siswa kelas internasional SMPN
1 Padang. Penelitian termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan
penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII internasional SMPN 1
Padang tahun 2009. Data yang diambil merupakan data primer dari nilai hasil belajar
siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Dari analisis data didapatkan
harga thitung adalah 1,54 dan harga ttabel adalah 1,68
dengan taraf kepercayaan 95% (=0,05). Jadi thitung < ttabel,
berarti hipotesis ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC tidak berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar biologi
siswa kelasVII internasional SMPN 1
Padang.
0 Response to "PENGHARUH MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF CIRC DALAM PEMBELAJARAN IPA/ BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA PADANG "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr