PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

TINJAUAN PENGETAHUAN SISWA SMP NEGERI 1 KABUPATEN SOLOK SELATAN TERHADAP SEKS DALAM RANGKA MENGHADAPI MASA PRA REMAJA




Helendra*), Rina Widiana**) dan Maisatul Fitria**)

*)Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang
**)Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat

ABSTRAK

Pendidikan sangat diperlukan dalam mengarahkan dan membimbing sumber daya manusia dalam merubah perilaku menuju terbentuknya kepribadian yang utama, karena itu penerapan pendidikan harus menyeluruh meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Demikian pula pendidikan seks bagi pra remaja yang sampai saat ini masih merupakan pro dan kontra yang sudah perlu dipikirkan kembali untuk mendapatkan solusinya. Kurangnya pengetahuan pra remaja terhadap pendidikan seks dan pergaulan pra remaja yang tidak sesuai dengan norma, serta kurangnya keterlibatan orang tua dalam mengarahkan pra remaja terhadap seks dapat berdampak buruk terhadap kehidupan pra remaja tersebut. Oleh karena itu pengetahuan pra remaja terhadap seks perlu mendapat perhatian. Sehubungan dengan itu telah dilakukan penelitian tentang “Tinjauan Pengetahuan Siswa SMPN 1 Kabupaten Solok Selatan terhadap Seks dalam Rangka Menghadapi Masa Pra Remaja”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa SMPN 1 Kabupaten Solok Selatan terhadap seks dalam rangka menghadapi masa pra remaja. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus 2010. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki yang berumur 12-16 tahun dan siswa perempuan yang berumur 11-15 tahun di SMPN 1 Solok  Selatan yang berjumlah 543 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling sebanyak 20 % dari anggota populasi yaitu 110 orang siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan angket, data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase yang hasilnya diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan siswa SMPN 1 Kabupaten Solok Selatan terhadap seks dalam rangka menghadapi masa pra remaja yaitu 54,59% yang dikategorikan cukup.
Kata Kunci: Seks, pendidikan seks, dan masa pra remaja.

0 Response to "TINJAUAN PENGETAHUAN SISWA SMP NEGERI 1 KABUPATEN SOLOK SELATAN TERHADAP SEKS DALAM RANGKA MENGHADAPI MASA PRA REMAJA"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr