Ristiono, Ernie
Novriyanti*, Lamia
Trisni Yuda**
Abstrak
Hasil belajar biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan rendah disebabkan
antara
lain guru masih lebih dominan aktif daripada siswa, siswa kurang tertarik
dengan media sederhana yang digunakan guru. Penggunaan media puzzle gambar
berwarna dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT diharapkan dapat merangsang
aktivitas dan motivasi belajar siswa, dan
akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle gambar berwarna dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT
terhadap hasil belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan rancangan The Static Group
Comparation, membandingkan
penggunaan media puzzle gambar berwarna dengan gambar berwarna tanpa dibuat puzzle. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan. Dengan
teknik purposive sampling, terpilih
sampel kelas XI IPA5 dan XI IPA6. Data diperoleh dari hasil tes akhir berbentuk tes
objektif sebanyak 40 soal. Uji hipotesis
menggunakan uji-t, kriteria jika t hitung > t tabel hipotesis
diterima.
Hasil penelitian menegaskan bahwa thitung sebesar 2,23 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,66
pada pada taraf kepercayaan 0,95 dan derajad kebebasan sebesar 63. Kesimpulan
penelitian ini adalah penggunaan media puzzle gambar berwarna dalam
pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Tahun
Pelajaran 2010/2011.
Kata Kunci: Puzzle,
Gambar Berwarna, NHT, Hasil belajar,
Biologi
__________________________
*) Staf Pengajar Biologi FMIPA UNP Padang
**) Alumni Biologi FMIPA UNP Padang
0 Response to "PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE GAMBAR BERWARNA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 KOTO XI TARUSAN"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr