PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

AKTIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN LKS DENGAN BERORIENTASI PADA PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


ABSTRAK

Biologi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (sains) memiliki karakteristik yang mendukung pengetahuan siswa. Pembelajaran biologi mengandung empat unsur utama, yaitu: unsure sikap (rasa ingin tahu), proses melalui metode ilmiah, produk berupa teori dan hukun serta aplikasi penerapan metode ilmiah dan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Namun yang sangat disayangkankecenderungan pembelajaran biologi pada masa sekarang hanya mengacu kepada produk, menghafal konsep dan teori, akibatnya ilmu biologi sebagai proses atau metode sangat jarang diaplikasikan. Untuk dapat melatih ranah kognitif, afektif dan psikomotor maka pendekatan pembelajaran yang digunakan harus mampu merangsang keaktifan siswa, membimbing siswa dalam mencapai standar kompetensi yang diharapkan, salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS). KPS merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan keterampilan kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan KPS dibutuhkan perangkat pembelajaran yang sifatnya dapat menumbuhkan motivasi dan keaktifan siswa dalam belajar, salah satunya adalah LKS.  Menyadari hal tersebut, penulis merasa perlu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan LKS berorientasi pada pendekatan KPS, yang mana hasilnya juga akan memberikan kontribusi untuk perbaikan LKS yang dikembangkan. Aktivitas siswa ini diketahui dari pemantauan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan lembar pengamatan aktivitas mahasiswa. Lembar pengamatan diisi oleh seorang pengamat. Data yang diambil adalah data pengamatan aktivitas mahasiswa yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan LKM dengan pendekatan KPS adalah tinggi.


Kata kunci: aktivitas siswa, LKS, keterampilan proses sains

0 Response to "AKTIVITAS SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN LKS DENGAN BERORIENTASI PADA PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr