loading...

Pendidikan Kepramukaan Wajib Bagi Pasca-SM3T

loading...
KULONPROGO – Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan anggota gerakan pramuka yang terdiri dari anggota muda yaitu peserta didik siaga, penggalang, penegak, pandega, dan anggota dewasa yang terdiri dari pembina pramuka, pembantu pembina pramuka, pelatih pembina pramuka, dan lainnya. Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap peserta PPG Pasca-SM3T di setiap LPTK penyelenggara Program PPG Pasca SM3T se-nusantara, salah satunya yaitu UNY.

Oleh Karena itu, UNY bekerja sama dengan Kwartir Cabang Kulonprogo menyelenggarakan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar (KMD) dilaksanakan di Asrama Mahasiswa Kampus UNY Wates. Kegiatan itu diikuti oleh 253 peserta PPG Pasca-SM3T angkatan III, meliputi teori dan praktik yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu dari mulai pukul 08.00-21.00 WIB, dengan dipandu oleh Pusdiklat Cab Kulonprogo.

foto: suaramerdeka.com/ dokumentasi

Materi kepramukaan yang diberikan pada KMD di antaranya dinamika kelompok, kepramukaan, kegiatan di alam terbuka (penjelajahan), ketrampilan dan program kegiatan untuk siaga, penggalang, penegak, dan matapelajaran pilihan kewiraan serta muatan lokal. Kegiatan KMD merupakan salah satu bentuk pembinaan asrama selain kerohanian, ketrampilan, seni, olahraga, jurnalistik, dan english course.

Sumber: suaramerdeka
loading...

0 Response to "Pendidikan Kepramukaan Wajib Bagi Pasca-SM3T"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr