PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Terobosan Menteri Anies, Tanpa Pungutan Siswa Tetap Dapat Ekstrakurikuler

Jakarta - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Rasyid Baswedan mengaku, pihaknya tengah mereview sejumlah peraturan menteri yang mengizinkan adanya pungutan di sekolah.

Pungutan itu biasanya dilakukan untuk membiayai kegiatan ekstrakurikuler atau pelajaran tambahan. Namun menurut Anies, tetap saja pungutan itu tak bisa dibenarkan.

Menteri Anies pun membeberkan sebuah terobosan agar tanpa pungutan yang membebani, siswa tetap bisa mendapat pelajaran tambahan dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Salah satu caranya adalah dengan melibatkan profesional. Para profesional itu akan diundang ke sekolah untuk memberikan ekstrakurikuler.

"Jadi tidak harus gurunya tapi kaum profesional," kata Anies usai mengisi acara dalam rangka HUT Suara Pembaruan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (15/3/2015).

Mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta ini mencontohkan cara itu bisa dilakukan untuk ekstrakurikuler fotografi. "Misal ekstrakurikuler fotografi begitu banyak profesional kenapa tidak diundang," kata Anies.

Menurut Anies para profesional itu tidak akan mendapat bayaran atas tenaganya mengisi kegiatan ekstrakurikuler di sekolahan. "Ini adalah bayar balik atas pendidikan yang Anda (profesional) dapat dari negara," kata dia. 

Terobosan Menteri Anies, Tanpa Pungutan Siswa Tetap Dapat Ekstrakurikuler

Melibatkan para profesional dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, kata Anies, bisa mengatasi salah satu kendala tentang biaya. Dia pun akan menjadikan pendidikan nasional sebagai gerakan, bukan lagi program. Profesional akan dilibatkan untuk mengatasi masalah biaya pendidikan.

"Bukan pendidikan sebagai program, tapi gerakan artinya semua diajak terlibat," kata Anies.

Sumber: DETIK

0 Response to "Terobosan Menteri Anies, Tanpa Pungutan Siswa Tetap Dapat Ekstrakurikuler"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr