PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Menkes: Imunisasi Difteri Harus 3 Kali

PADANG - Setelah Kota Padang mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri pada pertengahan Januari lalu, kali ini penyakit menular itu mulai menyeberang ke Kota Solok.

Terkait hal ini, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Muluk dalam kunjungannya pada Jumat (20/2) kemarin di Padang mengimbau agar Di­nas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk gencar melakukan imunasasi kepada anak yang rentan terkena pe­nyakit menular ini.

“Dinas Kesehatan harus terus memberikan imunisasi kepada anak - anak pada usia yang rentan terkena difteri. Ini penyakit berbahaya dan me­nular,” ujarnya.

Setidaknya kata Nila, harus dilakukan tiga kali imunisasi untuk mencegah difteri ini. Dimana setelah imunisasi pertama, satu bulan setelah itu suntik lagi. Baru setelah itu enam bulan lagi suntik lagi.

“Kalau ini tidak dilakukan kita bisa rugi. Pertama keru­gian obat yang sudah dike­luarkan kedua kerugian anak yang masih tetap sakit. Iya kalo selamat anak ini tak apa, tapi kalau terjadi sesuatu saya kira itu yg tidak kita inginkan. Terus terang saja, saya juga akan menghitung kerugiannya,” paparnya.

Ia melanjutkan, langkah ini dimaksudkan menghindari anak-anak terkinfeksi difteri. Karena satu terkena akan bisa mengkontaminasi yang lain.

“Jadi anak-anak kita mung­kin tak kena tapi kena dari anak-anak yang lain kan bisa saja,” ujarnya.

Menkes meminta masya­rakat yang mendapat imu­nisasi untuk kembali ke pos­yan­du atau ketempat di berikan imunisasi kedua dan ketiga.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP M Djamil, Ira Yanti ditemui Haluan di sela kunjungan Menkes menga­takan, dari data RSUP M Djamil Januari sampai Feb­ruari yang positif difteri seba­nyak 4 orang. Sedangkan yang masih dirawat ada 16 orang.

“Total suspec difteri men­capai 24 orang, sedangkan yang masih dirawat ada 16, jadi 8 orang sudah pulang,” terang­nya.

Sumber: haluan

0 Response to "Menkes: Imunisasi Difteri Harus 3 Kali"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr