Loading...

Nama Batu Lumuik Kandih Akan Dipatenkan

PADANG ARO — Pemkab Solok Selatan (Solsel) berencana mematenkan nama batu Lumuik Kandih yang selama ini dikenal oleh khalayak dengan sebutan batu Lumuik Sungai Dareh.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria mengungkapkan, rencana tersebut dilatarbelakangi oleh semangat untuk mem­promosikan potensi yang terkandung di bumi Solsel ke dunia, dalam hal ini batu mulia.

“Saya meminta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk segera mematenkan batu Lumuik Kandih. Karena jika batu Lumuik Sungai Dareh sudah terlalu jauh dikenal oleh orang, maka susah untuk mengenalkan nama Lumuik Kandih,” ujarnya saat diwawan­carai Haluan usai meresmikan pameran pembangunan dan kerajinan tangan di depan kantor bupati setempat, Selasa (6/1). Pada pameran tersebut terdapat semua stand SKPD dan instansi di Solsel.

Muzni menjelaskan, batu Lu­muik Kandih berasal dari Bukit Kandih di Solsel. Di bukit itu terdapat berbagai jenis batu Lumuik Kandih, yang kemudian dijual di Solsel mau pun di luar Solsel, namun disebut oleh orang sebagai Lumuik Sungai Dareh. Hal inilah, kata Muzni, yang membuat dirinya tidak senang, karena sumber daya asal Solsel disebut orang dari Sungai Dareh Dharmasraya.

Kata Muzni, tujuan utama mema­tenkan nama Lumuik Kandih terse­but, hanya pintu masuk untuk mempromosikan Solsel agar orang luar datang untuk berkunjung ke kabupaten itu, tidak hanya untuk mencari batu mulia, namun untuk mengenal potensi lain yang terkan­dung di Solsel sepert pariwisata, budaya dan sebagainya.

Meski dunia sudah mengenal nama Lumuik Sungai Dareh, bah­kan sudah dipakai oleh mantan Presiden SBY dan Presiden AS Barack Oba­ma, namun Muzni optimis nama Lumuik Kandih bisa dikenal oleh masyarakat sebagai batu mulia asal Solsel.

Sementara itu, Kepala Disko­perindag Solsel, Akhirman menga­takan, pihaknya akan mem­proses pamatenan nama tersebut dalam waktu dekat ke Kementerian Perin­dustrian, dan Kementerian Hukum dan HAM.

Selama ini, rencana untuk mema­tenkan nama Lumuik Kandih hanya wacana. Namun kali ini pihaknya akan merealisasikan rencana terse­but. Pihaknya akan segera mem­proses hal tersebut, setelah kesi­bukan menyambut HUT Solsel yang ke-11 selesai. “Pematenan nama ini ada pematenan produk dan lokasi. Mung­kin yang akan dipantenkan adalah lokasi asal batu ini,” sebutnya.

Akhirman menambahkan, sete­lah nanti dipatenkan, pihaknya akan mempromosikan dan me­nyo­sia­lisasikan nama Lumuik Kandih melalui pameran-pameran, sehingga terkenal. 

Sumber: HALUAN
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Nama Batu Lumuik Kandih Akan Dipatenkan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-