Loading...

Pentingnya Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan

   
Keanekaragaman Spesies
Keanekaragaman hayati penting bagi kelangsungan hidup. Organisme yang hidup di alam memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Keterkaitan tersebut dapat kita lihat pada peristiwa makan-memakan yang biasanya dilukiskan dalam bentuk rantai makanan atau jaring-jaring makanan. Semakin tinggi tingkat keanekaragaman suatu komunitas kehidupan, akan semakin panjang rantai makanan dan semakin kompleks jaring-jaring makanan yang terjadi.

Bila dalam suatu komunitas kehidupan terdapat jaring-jaring makanan yang lebih kompleks, maka akan semakin banyak alternatif sumber makanan yang tersedia bagi masing-masing makhluk hidup. Misalnya, di suatu daerah hanya memiliki satu atau beberapa jenis ikan sebagai sumber makanan bagi burung tertentu. Bila keberadaan ikan-ikan tersebut menurun, mungkin menurun jumlah atau kualitasnya, maka akan menjadi masalah bagi kehidupan burung yang mengonsumsinya. Namun sebaliknya, bila di daerah tersebut terdapat berbagai jenis ikan, maka bila ketersediaan jenis ikan yang satu menurun, burung yang mengonsumsinya dapat beralih mengonsumsi jenis ikan yang lain. Hal itu berarti ketahanan suatu kehidupan makhluk hidup akan sangat dipengaruhi oleh tingkat keanekaragaman makhluk hidup di tempat itu.

Di dalam hutan dengan tingkat keanekaragaman yang tinggi, akan terjadi saling makan memakan, sehingga tidak akan terjadi rantai makanan yang putus. Setiap jenis makhluk hidup mengonsumsi jenis makhluk hidup tertentu, tetapi jenis makhluk hidup tersebut juga akan dikonsumsi oleh jenis makhluk hidup lainnya. Demikian seterusnya sehingga masing-masing makhluk hidup akan mengendalikan pertumbuhan jenis makhluk hidup lainnya. Karena saling mengendalikan, tidak terjadi peledakan jumlah anggota populasi suatu jenis makhluk hidup pada hutan tersebut.
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Pentingnya Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr