Loading...

Pendaftaran CPNS tak Serentak Ditutup Besok

JAKARTA - Pemerintah menegaskan, pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidak akan ditutup serentak besok (07/09). Penegasan tersebut ditujukan untuk menjawab banyaknya calon pelamar yang masih belum berhasil mendaftar, baik karena instansi yang dikehendaki belum membuka formasi maupun susahnya pendaftaran online yang dibuka secara single entry.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman menjelaskan, setiap instansi memiliki waktu dua minggu sejak pertama kali membuka formasi, untuk menerima pendaftaran. Sehingga tidak seluruh instansi akan menutup pendaftaran CPNS mereka besok, tanggal 7 September 2014.

Lebih detail, Herman menuturkan, instansi yang akan tutup pendaftarannya besok adalah mereka yang telah membuka pendaftaran sejak tangggal 24 Agustus 2014. Instansi tersebut seperti, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla).
Sedangkan, bagi instansi yang membuka pendaftaran pada tanggal 25 Agustus 2014 maka akan ditutup pada tangggal 08 September 2014. Demikian seterusnya.

"Apalagi banyak yang baru saja buka. Jadi waktunya masih lama, terhitung 14 hari dari hari pertama membuka pendaftaran. Sehingga masyarakat tidak perlu galau, karena mengira tanggal 7 september berakhir," ujar Herman saat ditemui di Cikini, kemarin. Dengan kata lain, lanjut dia, masih banyak instansi yang masih membuka pendaftaran CPNS setelah esok.

Herman menuturkan, kebijakan ini diambil oleh pemerintah guna membuka peluang sebesar-besarnya bagi mereka yang ingin menjadi abdi negara. Ia menegaskan, pihaknya tidak akan mempersulit dan merugikan calon pelamar. Terlebih bagi mereka yang mengalami beberapa kendala dalam proses pendaftaran, baik masalah Nomer Induk Kependudukan (NIK), tidak mendapat verifikasi email, maupun yang username nya tidak ditemukan.

"Mereka bisa mengadukan, selain itu sebaiknya dibaca baik-baik petunjuk, dicermati dan tidak usah terburu-buru. Kecepatan tidak memperngaruhi lolos atau tidak," ungkapnya.

Sayangnya kebijakan waktu dua pekan masa buka pendaftaran instansi itu tidak disertai dengan batasan paling lambat instansi harus membuka formasi CPNS mereka. hal ini kemudian dikhawatirkan akan membuat molor proses seleksi CPNS tahun ini sendiri. Untuk diketahui, dari sekitar 400 instansi yang membuka lowongan CPNS tahun ini, baru sekitar 136 instansi yang membuka formasi dan siap menerima pendaftaran.

Hal ini pun disadari oleh Herman. Ia mengakui bahwa pihaknya belum memberikan batas waktu secara terakhir pada instansi untuk membuka formasi mereka. "Sampai saat ini belum, tapi selalu kita akselerasi," ungkapnya.

Sumber: JPNN
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Pendaftaran CPNS tak Serentak Ditutup Besok"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-