Loading...

Masyarakat Diminta Waspada, Banyak Situs Seleksi CPNS Tak Resmi

20140826 cpns
JAKARTA – Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman menegaskan, pengadaan CPNS tahun 2014 tidak dikenakan biaya. Jadi masyarakat diharapkan berhati-hati dalam mensikapi berbagai informasi yang beredar, terutama dari media online/media sosial karena ada diantaranya yang memanfaatkan situsasi ini menjadi peluang bisnis.

Dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2014 ini, Panselnas menggunakan dua situs resmi yakni website Kementerian PANRB, BKN. “Untuk informasi terkait dengan Panselnas CPNS 2014, hanya melalui kedua situs milik pemerintah tersebut,” ujarnya di Jakarta, Selasa (26/08).

Terhadap berbagai informasi dari sejumlah media online/media sosial yang bermunculan dan mengaitkan namanya dengan CPNS, pihak Kementerian PANRB tidak bisa membatasi dan mengangapnya sebagai partisipasi publik. “Namun kalau informasi itu keliru, di luar tanggung jawab kami. Demikian juga kalau pengelola situs itu memungut biaya, juga di luar tanggung jawab kami,” ujarnya di Jakarta, Selasa (26/08).

Selain informasi mengenai pendaftaran seleksi CPNS, Kementerian PANRB dan BKN bersama media partner telah melaksanakan simulasi computer assisted test (CAT) online secara gratis. Tindakan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS dengan sistem CAT.

Sebelum hadirnya simulasi online di media resmi tersebut, sejumlah situs/media sosial juga melakukan simulasi CAT online. Umumnya, pengunjung situs tersebut harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu, kalau ingin mengerjakan soal. Bahkan ada juga yang menggabungkan menjadi satu paket dengan pendaftaran CPNS. Dalam hal ini, kembali lagi kepada yang bersangkutan, mau bayar atau tidak.

Simulasi CAT online website resmi Kementerian PANRB www.menpan.go.id ataupun website resmi BKN www.bkn.go.id. seperti halnya bimbingan tes, yang dapat diakses secara nasional secara gratis. “Simulasi maupun pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2014 secara nasional sama sekali tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Seorang lulusan SMK Febri Ani (17 tahun) mengaku, pada tanggal 9 Agustus 2014 telah mendaftar CPNS tahun 2014 di website www.cpnsonline.com (website tidak resmi). Situs yang tidak dapat dipertanggungjawabkan tersebut memberi tarif bagi pengunjung situs yang ingin mendaftar sebesar Rp 118.000,00 dan ditransfer melalui Bank Mandiri. Pada situs tersebut, user dijanjikan mendapat smartphone sampai motor kalau mendaftar sebelum tanggal 20 Agustus 2014. Diakui Febri, empat temannya sudah mendaftar melalui situs tersebut dan satu diantaranya sudah mentransfer sejumlah uang yang diminta.


Kasus tersebut sangat disayangkan mengingat pemerintah selalu memberitakan melalui website resmi maupun media partner. Selain itu, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan portal alternatif untuk mengidentifikasi formasi di www.formasi2.menpan.go.id dan di www.formasi3.menpan.go.id. Dengan adanya pembagian ini, diharapkan portalpanselnas.menpan.go.id hanya difokuskan untuk pendaftaran saja.


Sumber: MENPAN
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Masyarakat Diminta Waspada, Banyak Situs Seleksi CPNS Tak Resmi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-