Loading...

Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang

   
ABSTRAK

Endawati, S.Pd: Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang

            Pada tahun 2012/2013 penulis yang mengajar di SD Negeri 07 Lembah Melintang dihadapkan pada kenyataan masih rendahnya hasil belajar matematika siswa. Permasalahan lain yang juga ditemui di SD Negeri 07 Lembah Melintang adalah masih rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus. Menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus diharapkan dapat membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan. Oleh karena itu dilaksanakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul “ Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang”. Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang?
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari da kali pertemuan. Berdasarkan kelemahan atau kekurangan yang terlihat pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, maka direncanakan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II, agar peningkatan aktivitas siswa yang terjadi benar-benar signifikan.


Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru pada siklus I 73,17 % dan pada siklus II 97,56 %, siswa yang aktif menanggapi/ menjawab pertanyaan teman pada siklus I adalah 37,81 % dan pada pada siklus II 68,29 %. Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada siklus I  45,12 % dan pada siklus II 81,71 %. Siswa yang aktif mengemukakan pendapat siklus I adalah 30,49 % dan siklus II 40,24 %, dan siswa yang membuat aktif kesimpulan pada siklus I adalah 20,74 % sedangkan pada siklus II 41,46%. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr