ABSTRAK
Endawati, S.Pd:
Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar
Matematika Siswa Melalui Pembelajaran
Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang
Pada tahun 2012/2013 penulis yang mengajar di SD
Negeri 07 Lembah Melintang dihadapkan pada kenyataan masih rendahnya hasil
belajar matematika siswa. Permasalahan lain yang juga ditemui di SD Negeri 07 Lembah Melintang adalah masih rendahnya aktivitas siswa
dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Cara yang diperkirakan dapat membantu
untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar adalah dengan
menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus. Menggunakan model
pembelajaran aktif tipe Bowling Campus diharapkan dapat membuat semua
siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian,
diharapkan aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan. Oleh karena itu
dilaksanakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul “ Upaya Meningkatkan
Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Bowling
Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang”. Dengan rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menerapkan model pembelajaran aktif
tipe Bowling Campus dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas V
SD Negeri 07 Lembah Melintang?
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,
masing-masing terdiri dari da kali pertemuan. Berdasarkan kelemahan atau
kekurangan yang terlihat pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, maka
direncanakan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II, agar peningkatan
aktivitas siswa yang terjadi benar-benar signifikan.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa
aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus
dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas
siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru pada siklus I 73,17 % dan pada siklus
II 97,56 %, siswa yang aktif menanggapi/ menjawab pertanyaan teman pada siklus
I adalah 37,81 % dan pada pada siklus II 68,29 %. Siswa yang aktif mengajukan pertanyaan
pada siklus I 45,12 % dan pada siklus II
81,71 %. Siswa yang aktif mengemukakan pendapat siklus I adalah 30,49 % dan
siklus II 40,24 %, dan siswa yang membuat aktif kesimpulan pada siklus I adalah
20,74 % sedangkan pada siklus II 41,46%. Berdasarkan data yang diperoleh selama
pembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran aktif tipe Bowling Campus dapat meningkatkan aktivitas
siswa dalam proses pembelajaran.
0 Response to "Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus di Kelas V SD Negeri 07 Lembah Melintang"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr