loading...

KAJIAN TINGKAT INFEKSI NEMATODA USUS PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI NAGARI LIMAU GADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATRA BARAT

loading...
Loading...
KAJIAN TINGKAT INFEKSI NEMATODA USUS
PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI NAGARI LIMAU GADANG
KABUPATEN PESISIR SELATAN
PROVINSI SUMATRA BARAT
Drs. Armen,S.U.
Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang

ABSTRAK


                 Nagari Limau Gadang memiliki kondisi lahan pasiran dan liat. Sebagian lahan dijadikan ladang dan sawah. Nagari Limau Gadang dilalui oleh sebuah sungai dan anak-anak sungai. Masyarakat, terutama anak-anak tidak mengindahkan kebersihan. Mereka cenderung berjalan tanpa alas kaki dan makan tanpa mencuci tangan. Mereka menggunakan sungai dan anak sungai untuk cuci, mandi, dan buang air. Keadaan ini memberi peluang Nematoda Usus menginfeksi masyarakat, khususnya anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat infeksi nematoda usus pada murid SD Negeri Nagari Limau Gadang. Populasi penelitian murid SD Negeri Nagari Limau Gadang sebanyak 100 orang yang terkelompok dalam 6 kelas, yaitu kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan kelas 6. Besar populasi 147 murid. Masing-masing kelompok diambil 40% sampel. Penarikan sampel dilakukan secara stratified proposional random sampling. Jenis data penelitian adalah data primer. Hipotesis penelitian adalah lebih daripada 85% murid SD Negeri Nagari Limau Gadang terinfeksi Nematoda usus dan hanya 15% murid tidak terinfeksi nematoda usus. Berdasarkan temuan yang diperoleh, hipotesis yang dikemukakan diterima, yaitu lebih dari 75% Murid Sekolah Dasar Negeri Nagari Limau Gadang Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan terinfeksi nematoda usus. Jenis nematoda usus yang abanyak memparasiti murid Sekolah Dasar Negeri Nagari Limau Gadang Ascaris lumbricoides 35%  dan Ancylostoma duodenale 8,33% .
Murid perempuan, Murid berusia < 9 tahun, dan murid mempunyai orang tua berpendidikan rendah, cenderung terinfeksi nematoda usus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam perbaikan kesehatan murid Sekolah Dasar Negeri Nagari Limau gadang Lumpo Kabupaten Pesisir selatan.
loading...

0 Response to "KAJIAN TINGKAT INFEKSI NEMATODA USUS PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI NAGARI LIMAU GADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATRA BARAT"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...