Loading...

Model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus

Model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus merupakan alternatif dalam peninjauan ulang materi. Model pembelajaran tipe ini memungkinkan guru mengevaluasi penguasaan materi pelajaran siswa, dan bertugas menguatkan, menjelaskan, dan mengikhtisarkan poin-poin utama materi pelajaran. Menurut Silberman (2006:261-262) langkah-langkah atau prosedur dalam model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus adalah sebagai berikut:
1.      Membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan tiga atau empat orang siswa
2.      Memberi setiap siswa sebuah kartu indeks. Siswa akan mengacungkan kartu mereka untuk menunjukkan bahwa mereka ingin mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan.
3.      Menjelaskan aturan untuk permainan yang akan diadakan:
a.       Acungkan kartu indeks jika ingin menjawab pertanyaan.
b.      Kartu indeks dapat diacungkan sebelum pertanyaan selesai dibacakan jika siswa sudah tahu jawabannya.
c.       Tim menilai satu angka untuk tiap jawaban anggota yang benar
d.      Jika jawaban yang diberikan salah, maka tim lain dapat mengambil alih untuk menjawab .

4.      Setelah semua pertanyaan diajukan, jumlahkan skor dan diumumkan pemenangnya.

5.      Meninjau materi yang belum jelas atau yang memerlukan penjelasan lebih lanjut berdasarkan jawaban pada permainan.
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-