Model pembelajaran
aktif tipe Bowling Campus merupakan alternatif dalam peninjauan ulang
materi. Model pembelajaran tipe ini memungkinkan guru mengevaluasi penguasaan
materi pelajaran siswa, dan bertugas menguatkan, menjelaskan, dan
mengikhtisarkan poin-poin utama materi pelajaran. Menurut Silberman (2006:261-262) langkah-langkah atau prosedur dalam model pembelajaran aktif tipe Bowling
Campus adalah sebagai berikut:
1. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang
beranggotakan tiga atau empat orang siswa
2. Memberi setiap siswa sebuah kartu indeks. Siswa
akan mengacungkan kartu mereka untuk menunjukkan bahwa mereka ingin mendapatkan
kesempatan menjawab pertanyaan.
3. Menjelaskan aturan untuk permainan yang
akan diadakan:
a. Acungkan kartu indeks jika ingin menjawab
pertanyaan.
b. Kartu indeks dapat diacungkan sebelum
pertanyaan selesai dibacakan jika siswa sudah tahu jawabannya.
c. Tim menilai satu angka untuk tiap jawaban
anggota yang benar
d. Jika jawaban yang diberikan salah, maka
tim lain dapat mengambil alih untuk menjawab .
4. Setelah semua pertanyaan diajukan,
jumlahkan skor dan diumumkan pemenangnya.
5. Meninjau materi yang belum jelas atau yang
memerlukan penjelasan lebih lanjut berdasarkan jawaban pada permainan.
0 Response to "Model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr