PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Cara Cek Arah Kiblat di Kota Anda

Selamat siang sahabat pengunjung Pustaka Pandani!
Pada siang hari ini saya berbagi sedikit cara singkat untuk mengetahui arah kiblat dikota kita berada versi Kementrian Agama RI yang dirilih melalui website efalak kemenag.  berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Silahkan akses situs aplikasi Efalak Kemenag (http://efalak.kemenag.go.id)

Arah kiblat dari Efalak Kemenag


2. Pada opsi Arah Kiblat silahkan pilih lokasi kota tempat anda berada dan tunggu beberapa saat sampai website selesai mengakases peta arah kiblat kota anda. Contoh: Saya berada di kota Pariaman dan dihasilkan gambar sebagai berikut: 

Arah Kiblat di Pariaman adalah 24° 36' 01" Dari Barat Searah Jarum Jam
Maksudnya adalah dari arah barat ditambah 24 derajat kearah utara. Kalau kita gunakan kompas dengan 360 derajat, berarti arah kibat di pariaman 270 + 24 = 294, 36, 01 Derajat.   Jadi Arah kibat di tempat saya buka menghadap bukan lurus ke barat tetapi agak  kearah barat laut.


Ada juga bisa menambahkan widget arah kiblat ini ke blog/web anda dengan cara mengcopy script dari apliklasinya:



<iframe id="frameArahKiblat" src="WidgetArahKiblat.aspx" style="width: 100%; height: 400px" frameborder="0" marginheight="0" marginwidth="0"></iframe>




0 Response to "Cara Cek Arah Kiblat di Kota Anda"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr