Loading...

Pengelompokan Eubacteria berdasarkan cara hidupnya

Berdasarkan cara hidupnya, Eubacteria dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu:
1. Kelompok Bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan
a.   Bakteri heterotrof
            Bakteri heterotrof (Yunani: hetero= yang lain;  trophos= memakan) adalah bakteri yang makanannya berupa senyawa organik dari organisme lain. Bakteri heterotrof terbagi pula menjadi dua, yaitu:
1) Bakteri saprofit

            Bakteri saprofit adalah bakteri yang memperoleh makanan dari sisa-sisa organisme atau produk organisme lain. Sisa-sisa organisme, misalnya daun yang gugur dan kotoran hewan. Sedangkan produk organisme, misalnya susu dan daging. Sisa organisme atau produk organisme akan mengalami proses penguraian. Bakteri saprofit merupakan salah satu organisme pengurai  (dekomposer) di alam. Contoh bakteri saprofit adalah Lactobacillus bulgaricus (bakteri untuk pembuatan yoghurt), Mycobacterium (bakteri pengurai sampah) dan Escherichia coli yang merupakan bakteri pembusuk dalam saluran pencernaan manusia (Gambar 8).




2) Bakteri parasit
            Bakteri parasit adalah bakteri yang memperoleh makanan dari inangnya. Inang tempat hidup bakteri dapat pada tumbuhan, hewan atau manusia. Bakteri yang menimbulkan penyakit pada inangnya, disebut sebagai bakteri patogen. Contoh bakteri parasit adalah Mycobacterium tuberculosis (penyebab penyakit TBC pada manusia), Clostridium tetani (penyebab tetanus) dan Bacillus anthracis merupakan penyebab penyakit anthraks pada hewan ternak.

b.   Bakteri autotrof
Bakteri autotrof (Yunani; auto= diri;  trophos= memakan), meru-pakan bakteri yang mampu membuat makanannya sendiri. Berdasarkan asal energi untuk mensintesis makanannya, bakteri autotrof dapat dibedakan dalam dua kelompok, yaitu:

1) Bakteri fotoautotrof
Bakteri fotoautatrof adalah bakteri yang menggunakan energi cahaya matahari untuk membuat makanannya. Contoh bakteri fotoautotrof adalah Thiocystis sp.

2) Bakteri kemoautotrof
Bakteri kemoautotrof adalah bakteri yang menggunakan energi kimia untuk mensintesis makanannya. Energi kimia diperoleh dari proses oksidasi senyawa anorganik.
Contoh bakteri kemoautotrof adalah:
a)      Nitrosomonas dan Nitrosococcus (bakteri nitrit) yang mengoksidasi senyawa amonia menjadi ion nitrit.
b)      Nitrobacter (bakteri nitrat) yang mengoksidasi ion nitrit menjadi ion nitrat.
c)      Gallionella (bakteri besi) yang mengoksidasi ion fero menjadi ion feri.
d)     Hydrogenobacter (bakteri hidrogen) yang mengoksidasi gas hidrogen menjadi air.
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Pengelompokan Eubacteria berdasarkan cara hidupnya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-