loading...

Kelompok bakteri berdasarkan kebutuhan oksigen

loading...
Loading...
Archaebacteria/picture2life 

a.   Bakteri aerob
            Bakteri aerob adalah bakteri yang membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Contoh bakteri aerob adalah Nitrosomonas, Nitrosococcus dan Nitrobacter. Nitrosomonas dan Nitrosococcus (bakteri nitrit) adalah bakteri yang mengoksidasi amonia (nitrifikasi). Proses nitrifikasi  ini dapat dituliskan dalam bentuk reaksi kimia sebagai berikut:
2NH3 + 3O2                  2HNO2 + 2H2O +  energi
(amonia)                         (nitrit)
Sedangkan Nitrobacter (bakteri nitrat) adalah bakteri yang mengoksidasi ion nitrit. Proses oksidasi ion nitrit ini dapat dituliskan dalam bentuk reaksi kimia sebagai berikut:
2HNO2 +  O2                2HNO3
(nitrit)                             (nitrat)
b.   Bakteri anaerob
            Bakteri anaerob adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Energi diperoleh bakteri ini dari pro-ses perombakan senyawa organik tanpa menggunakan oksigen (fermen-tasi).
            Bakteri anaerob dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1) Bakteri anaerob obligat
Bakteri anaerob obligat merupakan bakteri yang hanya dapat hidup jika tidak ada oksigen. Oksigen merupakan racun bagi bakteri anaerob obligat. Contohnya adalah Micrococcus denitrificans, Clostri-dium botulinum dan Clostridium tetani.
2) Bakteri anaerob fakultatif

Bakteri anaerob fakultatif merupakan bakteri yang masih dapat hidup meskipun ada oksigen, namun dalam jumlah yang sedikit. Contoh bakteri anaerob fakultatif adalah Escherichia coli dan Lacto-bacillus.
loading...

0 Response to "Kelompok bakteri berdasarkan kebutuhan oksigen"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...