SDN 19 Kp. Baru beralamat di Jl. H. Agus salim Barat no. 1 desa
kampung baru Pariaman Tengah, kota Pariaman berdiri tahun 1984
Pendidikan Nasional yang
berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabak dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, seta, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab. Untuk mengembangkan fungsi tersebut pemerintah
menyelenggarakan satu system pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam
Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan
Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabak dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia,
seta, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengembangkan fungsi tersebut
pemerintah menyelenggarakan satu system pendidikan nasional sebagaimana
tercantum dalam Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Pendidikan nasional harus mampu menjamin
pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta
efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan Pendidikan diwujudkan
dalam program wajib belajar 9 Tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan
untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati,
olahpikir, olahrasa, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi
tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk
menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi
sumber daya alam Indonesia. Pendidikan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan
melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan
pendidikan secara terencana terarah, dan berkesinambungan.
Argument yang dapat dikemukakan untuk
mendukung pandangan tersebut antara lain bahwa “ pendidikan dapat meningkatkan
pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan seseorang, sehingga dapat
meningkatkan kesejahteraan “
Dalam pengertian ini sekolah sebagai
lembaga pendidikan merupakan bentuk investasi SDM dan dalam pengembangan
sekolah, pendekatan dan perbaikan system merupakan cikal bakal perwujudan
sekolah bermutu yang menghasilkan output bermutu pula. Menurut Dawam Raharjo
bahwa kualitas pendidikan dapat menunujukkan kepada kualitas proses dan
kualitas produk. Satu pendidikan disebut bermutu apabila ditinjau dari segi
proses ( yang juga sangat dipengaruhi kualitas masuknya ) jika proses belajar
mengajar berlangsung secara efektif dan peserta didik secara efektif dan
peserta didik mengalami proses pembelajaran yg bermakna dan ditunjang oleh
sumber daya ( sumber daya manusia dan sumber daya alam ).
Secara garis besar ada tiga komponen
yang perlu ditata dan diperbaiki yakni input, proses, dan output, sedangkan
kunci keberhasilan dari ketiga komponen tersebut sangat tergantung kepada
kemampuan Kepala Sekolah menjadi manajer yang baik terhadap semua komunitas
sekolah secara kompleks dan sumultan. Oleh karena itu kepala Sekolah seharusnya
memiliki Visi, Misi dan program yang tersusun secara teratur dan sistematis
yang diimplementasikan dalam bentuk strategi pelaksanaan program.
Visi dan Misi yang menjadikan dasar
penyusun program Sekolah harus dapat dipahami oleh segenap komunitas sekolah
dan stakeholder untuk mendapatkan dukungan sepenuhnya. Dalam jabatan
pelaksanaannya Kepala Sekolah mau tidak mau harus memiliki kompetensi sebagai
educator, manajaer, administrasi, supervisor, leader, innovator, dan otivator (
EMASLIM )
STARTEGI
PENGEMBANGAN SEKOLAH
Sebagai
pusat pendidikan maka sekolah yang baik didalamnya memiliki suatu proses perncanaan
karena merupakan dasar dan fungsi manajemen yang lain seperti pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengawasan. Perencanaan yang baik pada suatu sekolah
menggambarkan suatu kehendak yang kuat dari pihak sekolah untuk mencapai suatu
tujuan yang ideal dimasa yang akan datang yang didalamnya meliputi 3 tahapan
yakni tahapan jangka panjang dapat dirumuskan dalam suatu rancangan dan
startegis yang minimal meliputi beberapa komponen : Visi, Misi tujuan arah
kebijakan serta stategi dan program untuk jangka waktu 5- 10 tahun. Visi dan
Misi sekolah dasar negeri 19 Kampung Baru telah dirumuskan sebagai berikut :
Visi
Terwujudnya
IMTAQ dan IPTEK Serta Ramah Lingkungan
Misi
- Menanamkan
Keyakinan / Akidah Melalui Pengalaman Ajaran Agama
- Melaksanakan
Kegiatan Keagamaan
- Mengoptimalkan
Proses Pembelajaran Dan Bimbingan
- Mengembangkan
Proses Pembelajaran Di Bidang IPTEK, Bahasa, Olahraga dan Seni Budaya
Sesuai Dengan Bakat, Minat Dan Potensi Siswa
- Menjalin
Kerjasama Yang Harmonis Antara Warga Sekolah Dan Lingkungan
- Melaksanakan
Kegiatan – Kegiatan Kebersihan Serta Ramah Lingkungan
- Melaksanakan
kegiatan penghijauan
Tujuan Sekolah
- Terwujudnya
pelayanan pendidikan kepada peserta didik dengan menggunakan sumber dan
media pembelajaran secara optimal.
- Terwujudnya
pembelajaran yang aktif, inovatif, keratif dan menyenangkan serta membina
suasana kekeluargaan.
- Tersusun
dan terlaksana standar kompetensi membaca, menulis, berhitung ( calistung
) ditambahkan dengan baca Al Quran dan bahasa inggris dasar bagi peserta
didik
- Terlaksananya
dan dikembangkan kurikulum SD sesuai dengan tuntunan masyarakat dan
lingkungan termasuk dunia kerja.
- Tersedia
sarana dan prasarana yang optimal dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
yang berlandaskan Iman dan Taqwa.
0 Response to "Profil SDN 19 KAMPUNG BARU PARIAMAN"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr