Loading...

PENDIDIKAN ETIKA LINGKUNGGAN DALAM MEMINIMALISIR PEMANASAN GLOBAL

   


ASBTRAK

Masalah lingkungan hidup adalah masalah moral, persoalan prilaku manusia. Demikian juga masalah krisis ekologi global yang kita alami dewasa ini merupakan krisis moral secara global.  Krisis moral bersumber pada krisis spritual. Oleh karena itu perlu  Pendidikan Spritual, etika dan morallitas untuk mengatasinya.
Krisis lingkungan global yang kita alami sekarang ini sebenarnya bersumber pada kesalahan fundamental-filosofis dalam pemahaman atau cara pandang manusia terhadap dirinya, alam, dan tempat manusia dalam keseluruhan ekosistem.  Manusia keliru memandang alam dan keliru menepatkan diri dalam konteks alam semesta keseluruhan.  Oleh karena perlu pembenahan melalui pendidikan yang memmuat pembenahan cara pandang dan perilaku manusia dalam berintekraksi baik dengan alam maupun dengan manusia lain dalam keseluruhan ekosistem yang dibingkai dengan nilai-nilai spritual.
Kesalahan cara pandang ini bersumber dari paham etika antropoentris, yang memandang manusia sebagai sebagai pusat dari alam semesta. Hanya manusia yang menpunyai nilai, sementara alam dan segala isinya sekedar alat bagi memuaskan kepentingan dan kebutuhan hidup manusia.  Manusia diangap berada di luar dan di atas serta terpisah dari alam. Bahkan di pahami bahwa manusia sebagai penguasa atas alam dan boleh melakukan apa saja. Cara pandang seperti ini melahirkan sikap dan perilaku eksplotasi tampa rasa peduli sama sekali.
Upaya untuk menyelamatkan lingkungan telah banyak dilakukan baik melaui perbaikan kurikulum dalam dunia pendidikan dan penyadaran kepada masyarakat maupun kepada pemanggku kekuasaan. Upaya penyadaran itu ada yang berupa pembuatan peraturan, kesepakatan Nasional dan Internasional, undang-undang maupun penegakan hukum.
Begitu banyak gerakan lingkungan hidup yang sering kita jumpai dalam kehidupan. Gerakan lingkungan itu muncul sebagai reaksi atas berbagai peristiwa yang terjadi yang mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. 
Islam memiliki konsep yang sangat jelas tentang pentingnya konservasi, penyelamatan dan kelestarian lingkungan.  Konsep Islam tentang lingkungan ini ternyata telah di adopsi dan menjadi prinsip ekologi yang dikembangkan oleh para ilmuwan lingkungan. Prinsip tersebut telah pula dituangkan dalam bentuk beberapa kesepakatan dan konvrensi dunia yang berkaitan dengan lingkungan.  Akan tetapi konsep Islam yang sangat jelas tersebut belum dimanfaatkan dan dijalankan secara optimal.  Konsep Islam ini kemudian bisa dijadikan sebagai dasar pijakan moral dan spritual dalam upaya menyelamatkan lingkungan.


”Telah nampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”(Qs.Ar Rum:41).
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "PENDIDIKAN ETIKA LINGKUNGGAN DALAM MEMINIMALISIR PEMANASAN GLOBAL"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr