Loading...

FAKTOR-FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKATAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PADANG PASIR PADANG TAHUN 2010

   



Oleh :
dr.Elsa Yuniarti, S.Ked* dan Ns. Defia Roza, M. Biomed**
*) Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA UNP
**) Staf Pengajar Jurusan keperawatan Poltekkes Kemenkes Depkes Padang

ABSTRAK

Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang menakutkan bagi siapa saja baik tua maupun muda, dan juga salah satu penyakit mematikan. Sebanyak satu miliar orang di dunia satu dari empat orang menderita hipertensi. Di Sumatra Barat penyakit hipertensi merupakan yang tertinggi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor resiko yang berhubungan dengan tingkatan hipertensi di Puskesmas Padang Pasir padang.
Jenis penelitian adalah deskriptif analitik penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juni sampai 28 Juni 2010. Populasi adalah semua penderita hipertensi yang berkunjung ke Puskesmas Padang Pasir Padang. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 96 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan diolah secara manual dengan tabel distribusi dan chi square.
Hasil penelitian didapatkan bahwa 77,1% responden yang mempunyai riwayat keturunan, 77,1% responden yang mempunyai riwayat merokok, 78,1% responden berjenis kelamin laki-laki, 77,1% responden yang mempunyai pola konsumsi tidak sehat, 78,1% responden menderita hipertensi stadium II. Terdapat hubungan antara faktor-faktor yang berhubungan dengan, keturunan, merokok, jenis kelamin, usia, pola konsumsi dengan tingkatan hipertensi (x2 hitung > x2 tabel).
Untuk itu diharapkan kepada pimpinan Dinas Kesehatan dan pimpinan Puskesmas beserta staf dapat menurunkan angka kejadian tingkatan hipertensi dengan cara mengadakan penyuluhan dan memberikan informasi kesehatan melalui leaflet dan booklet kepada seluruh pengunjung Puskesmas serta menganjurkan agar rutin kontrol ke Puskesmas.


Kata kunci : hipertensi, faktor resiko, stadium hipertensi
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "FAKTOR-FAKTOR RESIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKATAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PADANG PASIR PADANG TAHUN 2010"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr