Loading...

JENIS TUMBUHAN OBAT YANG TERDAPAT DI DESA MUARA SIBERUT KECAMATAN SIBERUT SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI



Dra. Gustina Indriati, M.Kes., Suwandi Sakerengan, S.Pd.*
Dra. Des M. MS **

ABSTRAK
Pengobatan secara tradisional merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Mentawai, khususnya desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan. Disamping pengobatan secara medik saat ini tidak sedikit menelan biaya, obat yang terbuat secara sintesispun belum tentu menjamin kesehatan tubuh, apalagi pengobatan tradisional sudah membudaya dalam kehidupan masyarakat. Pengetahuan  tentang tumbuhan obat sering kali menjadi kendala, dimana  pergeseran nilai akan pengetahuan tentang tumbuhan obat ini mulai dirasakan semakin minim, terutama pada generasi muda saat ini.
Dilakukan penelitian tentang jenis-jenis tumbuhan obat serta khasiat dan cara penggunaannya, dengan tujuan agar warisan budaya dalam penggunaan tumbuhan obat tradisional tetap menjadi gaya hidup (life style) bagi masyarakat sehingga keberadaan tumbuhan obatpun secara tidak langsung dapat terjamin kelestariannya.
Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari 2010 di desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan, khususnya dusun Puro dan dusun Peigu, dengan menggunakan bantuan dari 2 orang Sikerei (Tabib/Dukun) yang ada di desa tersebut. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode Survey. Dari penelitian tersebut, telah didapatkan sebanyak 105 species tumbuhan obat dari 46 familia dan dapat dimanfaatkan untuk mengobati 44 macam penyakit.

Keyword : Obat tradisional,
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
*   Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar

** Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang 
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "JENIS TUMBUHAN OBAT YANG TERDAPAT DI DESA MUARA SIBERUT KECAMATAN SIBERUT SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-