Loading...

JUMLAH DAN MUTU MINYAK KELAPA MURNI HASIL FERMENTASI OLEH Saccharomyces cereviciae, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus DARI KELAPA VARIETAS DALAM (Cocos nucifera L. Var. Typica)

   


Drs. Mades Fifendy, M.Biomed.*
Rina Widiana, S.Si. M.Si ; Angga Immanuel, S.Pd.**

ABSTRAK


Minyak Kelapa Murni adalah hasil bagian dari endosperm buah kelapa yang di kelolah dari hasil fermentasi dan dijadikan sebagai salah satu jenis minyak nabati yang manfaatnya sangat banyak bagi kehidupan. Pengolahan minyak kelapa murni yang dilakukan yaitu dengan cara fermentasi menggunakan biakan murni Saccharomyces cereviciae, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Tujuan penelitian untuk mengetahui jumlah dan mutu minyak kelapa murni hasil fermentasi oleh Saccharomyces cereviciae, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dari kelapa varietas dalam. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas yang berlangsung dari bulan Agustus-September 2010. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan, perlakuan berupa beberapa mikroba (Saccharomyces cereviciae, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, kombinasi Saccharomyces cereviciae dengan Lactobacillus bulgaricus, Lactobacillus bulgaricus dengan Streptococcus thermophilus dan Saccharomyces cereviciae dengan Streptococcus thermophilus). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan yang diberikan berpengaruh tidak nyata untuk jumlah minyak kelapa murni, kadar air, kadar kotoran serta uji organoleptik menunjukkan skor suka untuk warna, aroma dan rasa yang dihasilkan oleh minyak kelapa murni hasil fermentasi.   

Keyword : Minyak kelapa murni, Kelapa dalam
*        Jurusan Biologi FMIPA Universitas Andalas Padang

**  Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar, Padang 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "JUMLAH DAN MUTU MINYAK KELAPA MURNI HASIL FERMENTASI OLEH Saccharomyces cereviciae, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus DARI KELAPA VARIETAS DALAM (Cocos nucifera L. Var. Typica)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr