Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Difusi terbantu (Facilitated Diffusion)

   
Perbedaan membran sel dan selopan ialah bahwa permeabilitas  membran sel bersifat variabel atau berbeda-beda menurut jenisnya, misalnya bakteri yang terdapat dalam usus yaitu Escherechia coli (E.coli) dipindahkan kemedium yang mengandung laktosa, maka metabolismenya langsung menurun. Salah satu sebabnya ialah bahwa membran selnya biasanya tidak dapat ditembus oleh laktosa atau sifat tersebut disebut impermeabel.
Tetapi beberapa menit kemudian karena terbentuknya suatu enzim di dalam membran sel yang disebut enzim permease yaitu suatu protein membran sel yang membantu membuatkan jalan bagi laktosa agar dapat melintasi dua lapisan lipid hidrofobik dari membran sel. Difusi yang tergantung pada suatu mekanisme transpor khusus dari membran sel seperti permease disebut Difusi Terbantu. Difusi ADP ke dalam dan keluar dari mitokondria juga memerlukan difusi terbantu. Dalam semua proses difusi terbantu, molekul bergerak ke arah gradien konsentrasi. Tetapi membran sel juga mampu untuk memompa zat berlawanan dengan gradien konsentrasi difusi terbantu ini disebut juga transpor aktif




            Hipotonik                                Isotonik                                   Hipertonik








Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Difusi terbantu (Facilitated Diffusion)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr