PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Osmosis

Sebenarnya osmosis adalah suatu proses difusi dimana tiap pelarut melalui suatu selaput permeabel secara diferensial. Membran sel yang meloloskan molekul tertentu tetapi menghalangi molekul lain disebut permeabel secara diferensial.

Pada proses osmosis pelarut universal adalah air. Secara sederhana dikatakan bahwa osmosis adalah difusi air melalui selaput permeabel secara diferensial dari suatu larutan berkonsentrasi tinggi ke dalam larutan berkonsentrasi rendah. Perlu ditekankan bahwa konsentrasi disini adalah konsentrasi pelarutnya yaitu air dan bukan konsentrasi dari zat yang larut (molekul, ion) dalam air itu.  Pertukaran air antara sel dan lingkungannya adalah suatu faktor penting yang disebut dengan nama osmosis.

Percobaan di bawah ini menunjukkan proses osmosis yaitu ke dalam suatu bejana atau gelas piala yang berisi air suling (air murni) dimasukkan suatu gelas berupa corong yang berisi larutan air gula pekat dimana lubang bawahnya ditutup dengan selopan yang berfungsi sebagai membran permeabel secara diferensial, yang meloloskan molekul air secara cepat dan menghalangi molekul yang lebih besar. Konsentrasi air dalam gelas piala adalah 100% sedangkan konsentrasi dalam tabung kurang dari 100%, karena dalam suatu larutan gula pekat kandungan airnya sedikit. Karena itu terjadi suatu gerakan air melalui selaput selopan ke dalam tabung. Karena molekul air masuk ke dalam tabung maka volume cairan di dalam tabung bertambah dan cairan di dalam tabung terdesak ke atas akibat tekanan yang terjadi karena difusi air dalam tabung. Tekanan ini disebut tekanan osmosis.



Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 

0 Response to "Osmosis"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr