PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Model Pembelajaran Round Robin

Menurut Muslim Ibrahim (2000: 49) round robin adalah suatu tipe pembelajaran dimana para siswa bergiliran memberikan kontribusi menjawab pertanyaan dalam sebuah kelompok dalam bentuk tulisan. Dalam pembelajaran ini guru mengajukan pertanyaan atau tugas yang memiliki beberapa alternatif jawaban. Satu siswa mulai mengemukakan sumbangan pikiran, dan giliran mengemukakan pendapat diteruskan kepada siswa berikutnya, melakukan hal yang sama. Masing-masing siswa memberikan kontribusi jawaban berlanjut sampai semua orang di dalam kelompok memiliki kesempatan untuk berbicara. Sesuai pula dengan yang dikemukakan oleh Wahyuni (2008: 5) pembelajaran kooperatif tipe round robin memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok terdiri dari 4-5 orang. Guru membagi siswa diluar jam pelajaran, agar saat pelajaran dimulai siswa sudah duduk berdasarkan kelompoknya masing-masing.
2.    Tiap anggota kelompok diberikan nomor. Ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengontrol siswa dalam pelaksanaan diskusi.
3.    Guru memberikan tugas dan pertanyaan pada siswa.
4.    Setiap siswa juga diberikan lembar jawaban untuk menjawab tugas yang diberikan.
5.    Siswa diberikan waktu berfikir dan bekerja dalam kelompok, sementara itu guru berkeliling membimbing siswa dari kelompok kekelompok yang lain.
6.    Setiap siswa dari setiap kelompok wajib memberikan jawaban dari masalah yang diberikan oleh guru. Disini setiap siswa bertanggung jawab atas jawaban yang mereka berikan.
7.    Setelah siswa selesai memberikan jawabannya masing-masing, satu siswa mulai memperlihatkan jawaban pada anggota kelompoknya. Sedangkan teman-teman yang lain mendengar dan memperhatikan dengan serius. Begitu seterusnya sampai semua anggota kelompok saling mengetahui jawaban satu sama lain.
8.    Kelompok menentukan jawaban yang paling tepat dari hasil diskusi untuk dipresentasikan didepan kelas.

9.    Guru menunjuk kelompok-kelompok tertentu untuk memberikan jawaban, sedangkan kelompok yang lain sebagai penanggap dan memberikan penilaian.


0 Response to "Model Pembelajaran Round Robin"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr