Menurut Muslim Ibrahim (2000: 49) round
robin adalah suatu tipe pembelajaran dimana para siswa bergiliran
memberikan kontribusi menjawab pertanyaan dalam sebuah kelompok dalam bentuk
tulisan. Dalam pembelajaran ini guru mengajukan pertanyaan atau tugas yang memiliki
beberapa alternatif jawaban. Satu siswa mulai mengemukakan sumbangan pikiran,
dan giliran mengemukakan pendapat diteruskan kepada siswa berikutnya, melakukan
hal yang sama. Masing-masing siswa memberikan kontribusi jawaban berlanjut
sampai semua orang di dalam kelompok memiliki kesempatan untuk berbicara.
Sesuai pula dengan yang dikemukakan oleh Wahyuni
(2008: 5) pembelajaran kooperatif tipe round robin memiliki langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Siswa
dibagi kedalam beberapa kelompok terdiri dari 4-5 orang. Guru membagi siswa
diluar jam pelajaran, agar saat pelajaran dimulai siswa sudah duduk berdasarkan
kelompoknya masing-masing.
2.
Tiap
anggota kelompok diberikan nomor. Ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam
mengontrol siswa dalam pelaksanaan diskusi.
3.
Guru
memberikan tugas dan pertanyaan pada siswa.
4.
Setiap
siswa juga diberikan lembar jawaban untuk menjawab tugas yang diberikan.
5.
Siswa
diberikan waktu berfikir dan bekerja dalam kelompok, sementara itu guru
berkeliling membimbing siswa dari kelompok kekelompok yang lain.
6.
Setiap
siswa dari setiap kelompok wajib memberikan jawaban dari masalah yang diberikan
oleh guru. Disini setiap siswa bertanggung jawab atas jawaban yang mereka
berikan.
7.
Setelah
siswa selesai memberikan jawabannya masing-masing, satu siswa mulai
memperlihatkan jawaban pada anggota kelompoknya. Sedangkan teman-teman yang
lain mendengar dan memperhatikan dengan serius. Begitu seterusnya sampai semua
anggota kelompok saling mengetahui jawaban satu sama lain.
8.
Kelompok
menentukan jawaban yang paling tepat dari hasil diskusi untuk dipresentasikan
didepan kelas.
9.
Guru
menunjuk kelompok-kelompok tertentu untuk memberikan jawaban, sedangkan
kelompok yang lain sebagai penanggap dan memberikan penilaian.
0 Response to "Model Pembelajaran Round Robin"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr